Mengenai Administrasi Engineering


Bagian Engineering

Hal yang mengenai administrasi engineering adalah satuan tugas yang harus dilakukan yang menyangkut semua permasalahan dibagian engineering. Petugas yang melakukan administrasi engineering ini paling tidak seseorang yang paham dengan bidang engineering.

Ia juga harus tahu bagaimana mengoperasikan komputer karena memang tugasnya untuk memasukan data lapangan ke dalam data perusahaan, sehingga semua orang didepartemen engineering itu bisa mengaksesnya.

Walaupun petugas administrasi engineering ini hanya diposisikan sebagai staf biasa dengan gaji yang mungkin tidak terlalu besar, tugas, dan kewajibannya sangat besar. Ia mungkin akan mengetahui posisi ketersediaan bahan konstruksi yang dibutuhkan perusahaan.

Ia juga mungkin tahu perkembangan semua proyek yang sedang dikerjakan oleh perusahaan. Ia juga tahu orang-orang yang terlibat dalam semua proyek.

Semua data penting itu bisa saja disalahgunakan. Untuk itulah sangat penting mendapatkan staf administrasi engineering yang bisa dipercaya. Pelatihan harus diberikan sebelum ia bertugas.

Kalau tidak, data yang akan dimasukkan ke dalam komputer bisa saja menjadi berbeda dengan apa yang terjadi sebenarnya. Pimpinan yang hanya bersandar pada data dari staf administrasinya tentu bisa terkecoh dengan laporan yang dibuat.

Saling cek dan saling mengawasi sangat penting untuk dilakukan. Tidak bisa data dari administrasi ditelan mentah-mentah. Apalagi ketika data dari lapangan banyak yang masuk, tetapi petugas administrasi malah sakit.

Satu hari saja tidak bertugas, tentu akan terjadi sedikit hambatan pemberian data dari dan ke staf administrasi. Untuk itu, sangat penting tidak hanya mempunyai satu atau dua orang staf administrasi.

Kalau beban kerja terlalu berat, konsentrasi staf administrasi bisa berkurang. Pemasukan data itu membutuhkan kecekatan dan ketelitian yang luar biasa. Apalagi data yang menggunakan angka dengan kode tertentu. Kalau sistem komputer tidak dipahami dengan baik serta sistem pemasukan data tidak teratur, yang terjadi adalah kekacauan.

Ada persyaratan khusus yang harus dimiliki oleh seorang staf administrasi engineering. Salah satunya adalah ia tahu tentang keteknikan dan tidak asing dengan istilah yang ada dalam dunia teknik atau engineering.

Kemampuan bekerja dalam tekanan dan bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama, juga harus menjadi persyaratan. Hal-hal yang mengenai administrasi engineering ini memang agak berbeda dengan administrasi lain.

Selanjutnya : Mencermati Kehidupan Nelayan Di Indonesia
Sebelumnya: Jaringan Epitel Silindris pada Trakea
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar