Mengenal Mengenai Jurusan Ekonomi Pembangunan

Apakah Anda tahu mengenai jurusan ekonomi pembangunan? Jurusan Ekonomi pembangunan adalah salah satu jurusan yang masuk pada Fakultas Ekonomi atau Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurusan ini tentunya memiliki beberapa konsentrasi ilmu yang kongkretnya pada perencanaan ekonomi tahun-tahun ke depan. Isu-isu berkaitan dengan ekonomi disebuah negara dipelajari lewat disiplin ilmu ini. Jika perencanaan ekonomi pembangunan matang, tentunya berpengaruh besar pada kesejahteraan ekonomi masyarakatnya.

Indonesia, sebagai negara berkembang butuh sarjana-sarjana lulusan ekonomi pembangunan. Tujuan ekonomi pembangunanan menciptakan sebuah perbaikan bagi taraf hidup sebuah negara dan memberikan solusi bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Dalam bangku perkuliahan, jurusan ini akan membantu mahasiswa untuk mendapatkan pengertian lebih baik tentang sejumlah pertanyaan-pertanyaan dipikiran mereka yang berhubungan dengan sebuah perekonomian disebuah negara.

Mata kuliah umum yang akan dpelajari dijurusan ini adalah teori ekonomi, hampir semua jurusan yang mengambil konsentrasi dibidang ekonomi sebagai dasarnya akan mempelajari terlebih dahulu teori ekonomi. Mata kuliah umum lainnya adalah ekonomi makro, yakni mata kuliah yang mempelajari ekonomi dalam skala luas, seperti kebijakan-kebijakan yang diambil negara. Sedangkan mata kuliah umum lainnya yang dipelajari adalah ekonomi mikro, dalam skala yang lebih kecil mempelajari ekonomi perusahaan atau rumah tangga.

Banyak perguruan tinggi negeri atau swasta yang menawarkan jurusan ini dengan beberapa kompetensi utama. Mahasiswa ekonomi pembangunan diharapkan dapat mengerti dan menilai setiap kebijakan yang dijalankan oleh pemerintah berkaitan dengan ekonomi. Mahasiswa jurusan ini juga diharapkan bisa membuat sebuah analisa mengenai kondisi ekonomi sebagaimana terdapat dalam jurnal-jurnal ilmiah maupun media massa.

Mahasiswa ekonomi pembangunan diharapkan menguasai kompetensi untuk memberikan solusi masalah-masalah ekonomi yang dihadapi dengan mempergunakan ilmu-ilmu yang telah dipelajari di bangku perkuliahan. Mahasiswa jurusan ini setidaknya juga bisa memberikan analisis untuk berbagai jenis isu ekonomi yang mulai bermunculan.

Lulusan jurusan ekonomi pembangunan biasanya mempunyai prospek kerja luas baik di lembaga pemerintahan ataupun lembaga swasta seperti Bappenas, Lembaga Penelitian, Pegawai Bank, LSM, Dosen, peneliti di bidang ekonomi, dan lain sebagainya. Sekian sedikit penjelasan mengenai jurusan ekonomi pembangunan, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi kita semua terutama bagi yang berminat untuk masuk ke jurusan tersebut.

Selanjutnya : Metode-metode Pembelajaran Bahasa Inggris
Sebelumnya: Bagaimana Pengaruh Game GTA Pembunuhan terhadap Mental Anak?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...