Mengenal Dampak Negatif Ganja

Narkoba membawa pengaruh yang buruk bagi kesehatan kita. Semua juga sepakat jika narkoba harus jauhi karena akan merusak mental, terutama generasi muda. Kali ini kita akan mengulas secara singkat mengenai dampak negatif ganja. Ganja adalah salah satu kelompok dari zat psikotropika, selain shabu, ekstasi, ineks, dan sebagainya.

Seringkali kita mendengar banyak korban yang berjatuhan karena pengaruh narkoba, termasuk ganja. Tetapi, ironisnya meski nyawa taruhannya, tetap saja orang masih suka mengonsumsi narkoba. Efek dari narkoba yang menghanyutkan dan memabukkan seakan lupa dengan keadaan sekitar itu yang membuat orang tidak mau lepas dari narkoba.

Ganja merupakan salah satu jenis narkoba yang sering kita jumpai di tengah masyarakat. Ganja ini berbentuk daun, tetapi di dalamnya mengandung zat psikotropika yang sifatnya candu. Ganja ada yang dibuat dalam bentuk kapsul dan ada juga yang seperti serbuk serta dibuat seperti rokok. Penggunaan ganja dalam waktu yang lama akan membuat orang menjadi kecanduan.

Ganja tidak hanya membawa dampak negatif terhadap kesehatan, karena di daerah tertentu ada yang menggunakan ganja sebagai penyedap. Bagi masyarakat Aceh, ganja tidak asing lagi, bahkan dijadikan sebagai salah satu bumbu dalam resep makanan. Tetapi, jangan salah sangka dulu, orang Aceh menggunakan daun ganja sebagai penyedap makanan dan digunakan sangat sedikit. Jadi, daun ganja hanya sebagai penyedap dan bukan sebagai obat-obatan terlarang.

Dampak negatif dari kecanduan ganja ini sangatlah berbahaya. Dampak negatif yang terparah adalah pengguna bisa kehilangan nyawanya. Dampak negatif lainnya bagi pecandu ganja adalah merusak saraf di otak, membuat pengguna suka berhalusinasi, mabuk, tidak sadar diri, serta cenderung temperamental. Pecandu ganja juga rentan dengan penyakit yang berbahaya seperti jantung, paru-paru, kanker, sampai terjangkit HIV/AIDS.

Dampak negatif lain yang dirasakan oleh pecandu ganja selain dari yang disebutkan di atas adalah dampak sosial. Masyarakat cenderung menjauhi orang-orang yang pernah tersangkut narkoba. Selain itu, tentu saja pengguna narkoba akan diproses secara hukum.

Berdasarkan ulasan singkat di atas, sebaiknya jangan pernah kita coba-coba mengonsumsi narkoba jenis apa pun itu. Dampak negatif ganja yang telah di sebutkan di atas rasanya sudah sangat cukup memberikan peringatan keras bagi kita untuk jauhi narkoba. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Kata-Kata Cinta Ingin Dijaga Perasaan
Sebelumnya: Sejarah dan Jenis Timbangan atau Neraca
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar