Mengenal Jenis Reptil


Reptile adala hewan vertebrata yang menduduki kelas unggulan, baik secara fisikli maupun dari cara hidupnya yang ekstreem. Keberadaan reptile dalam jagad ini sangat mempengaruhi ekosistem dan tidak menutup kemungkinan reptile menduduki piramida tingkat utama dalam tatanan ekosistem suatu tempat.

Secara umum reptile berkembang biak dengan bertelur meskipun yang mengalami bertelur dan beranak juga ada. Memiliki cara hidup yang melata dengan kelebihan bentuknya yang pipih pada badannya dan berdarah dingin. Jenis reptile sanagt banyak spesiesnya di dunia ini.

Riset dunia mengatakan bahwa reptile memiliki umur yang jauh lebih tua dari pada jenis vertebrata lainnya, yang dibuktikan dengan banyaknya spesies yang telah ditemukan sedikitnya ada 8.000 spesies, diperkuat lagi hasil penggalian yang menandakan bahwa diakhir zaman paleozoikum (awal kehidupan) telah ada tanda kehadiran jenis reptil.

Terdapat empatordo reptile, diantaranya turtle/tortoise berupa kura-kura yang amfibi dengan cangkang dipunggungnya dan berkaki empat berjalan melata hidup dengan cara bertelur, dengan rahang yang kuat pengganti gigi, squamata (bersisik) yang didominasi oleh kadal yang tinggal di daratan yang secara umum terbagi 3 pula diantaranya jenis lacertilian (berkaki dan berganti kulit sebagian contohnya kadal/biawak), ophidian (tidak  berkaki dan berganti kulit keseluruhan, contohnya ular), amphisbaenia, crocodilia yang tinggal di lahan basah, memilikiekor, rahangbesar, dan memiliki 4 bilik jantung, seperti alligator di USA, Rhynchocephalia berupa tuatara, yang hidup di hutan dan semak-semak dengan ciri terdapat duri di sepanjang lehernya bermata 3 dan bisa ditemui di Selandiabaru.

Tempat hidup reptile ternyata juga mempengaruhi bentuk dan pengelompokan. Di darat kita bisa menemui reptile berupa kadal, ular yang termasuk kedalam ordo squamata, tuatara yang biasanya tinggal di hutan, dan di lahan basah dan berhubungan dengan air ada tortoise dan crocodilian.

Secara perkembangbiakan reptile juga ada dua jenis, ada yang bertelur dan ada yang beranak dan bertelur.
Untuk jenis squamata saja reptile ada dua jenis berkaki dan yang tidak, seperti kadal yang berkaki dan ular yang hanya bisa berjalan dengan bantuan otot perut.

Semua jenis reptile memiliki manfaat tersendiri buat manusia, seperti ada penyu yang dapat dimakan telurnya, tokek yang dapat menjadi obat dan kulit ular,  kadal, yang dapat diambil sebagai bagian dari fasion.

Selanjutnya : Senjata Pb Paling Mematikan
Sebelumnya: Puisi Tema Pendidikan untuk Anak Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar