Simak Uraian Penting untuk Mengenal Kalimat Persuasif


Dalam Bahasa Indonesia, terdapat beberapa jenis kalimat yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi. Salah satunya adalah kalimat yang isinya adalah ajakan dan himbauan agar para pembacanya mengikuti informasi yang disampaikan dalam kalimat tersebut. Biasanya kalimat persuasif digunakan dalam media periklanan, ajakan untuk menyukai atau menjauhi sesuatu.

Juga menyatakan kegunaan atau kekurangan suatu hal. Kekuatan kalimat ini biasanya terletak pada pemilihan kata yang tepat akurat, jelas dan padat. Sehingga pembaca dapat mudah mengerti  maksud daripada informasi yang disampaikan bahkan dalam sekali baca saja.

Tidak ada batasan dalam penggunaan kalimat ini. Karenanya kalimat ajakan ini sering pula ditemui dalam orasi yang disampaikan para orator serta pihak-pihak yang bertujuan untuk mengajak masyarakat mengikuti informasi yang disampaikan tersebut.

Salah satu contoh dari kalimat ini adalah ajakan untuk menaati peraturan lalu linta untuk keselamatan bersama. Bunyinya adalah sebagai berikut:

Meningkatnya angka kematian karena kecelakaan, haruslah menjadi cermin bagi pengguna lalu lintas untuk lebih berhati-hati. Taatilah aturan lalu lintas demi keselamatan bersama. Pahamilah rambu-rambu lalu lintas untuk memudahkan Anda berkendara dengan aman.

Gunakan helm yang memiliki jaminan standar keamanan untuk berkendara roda dua. Gunakan safety belt yang sangat bermanfaat bagi Anda yang menggunakan kendaraan roda empat. Periksa kendaraan Anda sebelum mulai berkendara. Pahami jalur yang akan Anda lalui. Ingat! Keselamatan diri Anda, bergantung pada diri Anda sendiri. Katakan tidak! Pada pelanggaran tertib berlalu lintas.

Kalimat semacam itu tentu akan membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keamanan diri sendiri. Begitulah fungsi kalimat yang sifatnya mengajak masyarakat dalam melakukan suatu hal yang menjadi titik pusat disusunnya kalimat tersebut.

Kalimat persuasif ini akan sangat mudah ditemukan di tempat-tempat yang strategis ketika musim pemilu tiba. Baik pemilu legislative maupun kepala daerah. Hampir seluruh baliho serta spanduk dan poster berisi kalimat persuasif yang mengajak para pembaca untuk mengikuti ajakan mereka memilih tokoh yang mereka ajukan.

Di sinilah dibutuhkannya jiwa yang kreatif untuk mengolah kata menjadi semenarik mungkin. Karenanya, mereka yang berkecimpung dalam dunia periklanan haruslah memiliki tingkat kreativitas ditingkat yang lebih tinggi dibandingkan orang biasa.

Selanjutnya : Membuat Makalah Filsafat Hukum
Sebelumnya: Pembahasan Komik Shinichi Kudo
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar