Mengenal Kebudayaan India


India merupakan negara yang juga terkenal dengan ragam budaya yang dimilikinya. Peran dari media yang berupa film sangatlah ampuh dalam mengenalkan kebudayaan India hingga dikenal di seluruh penjuru dunia.

Dunia kini tahu bahwa India memiliki sebuah kebudayaan yang berbeda dan hanya dimiliki oleh India saja. Ada banyak sekali kebudayaan yang dimiliki oleh India yang semuanya mencirikan bahwa budaya tersebut adalah berasal dari India.

Salah satu media yang berperan adalah film bolywood yang sekarang ini juga sudah tidak asing lagi di televisi kita. Melalui film-film tersebutlah kita bisa mengenal berbagai macam kebudayaan yang dimiliki oleh orang India.

Ada banyak sekali budaya yang ada di dalam diri mereka. Budaya India merupakan kebudayaan sinkretisme yang artinya kebudayaan yang memiliki upaya damai untuk menyesuaikan beberapa pertentangan yang ada dengan kepercayaan dalam masyarakat tersebut.

Maka tidak heran jika kita melihat India masih menjalankan kebudayaan kuno meskipun kebudayaan modern tetap saja masuk ke negara tersebut.

Negeri ini termasuk sebuah negeri yang cukup kuat dalam menjalankan kebudayaannya meskipun sudah dijalankan ratusan tahun dan dianggap kuno oleh sebagian orang.

Tidak hanya menjalankan untuk diri sendiri saja, pengaruh yang cukup kuat juga disebarkan oleh masyarakat India ke wilayah di sekitar mereka. Tentu saja hal tersebut membuat kebudayaan ini menjadi sangat luas dan tersebar kemana-mana.

Umumnya kebudayaan yang ada di India selalu diwarnai dengan kegiatan keagaam. Beberapa kebudayaan yang diwarnai oleh kegiatan keagamaan adalah diwali, holi, onam, Bihu, Durga Puja, Dussehra, Ugadi, dan Vaisakhi.

Selain itu, dalam hal pakaian juga mencerminkan sebagai kebudayaan yang dimiliki oleh India. Seorang wanita akan menggunakan sari sedangkan seorang pria atau laki-laki akan menggunakan dhoti atau lungi.

Dalam hal pernikahan yang ada di masyarakat India masih berlaku bahwa seorang wanitalah yang melamar seorang pria. Dan di dalam lamaran tersebut ditentukan sebuah mahar yang harus dibayarkan oleh seorang wanita kepada pria. Hal seperti ini masih ada dan dijalankan di India.

Beberapa kebudayaan India tersebut adalah budaya yang masih dilaksanakan di India karena di sana budaya yang dianggap kuno masihlah relevan dengan perkembangan zaman. Bagaimana dengan budaya kita? Kiranya paparan isi artikel di atas dapat membuka cakrawala pengetahuan kita.

Selanjutnya : Cara Identifikasi Kualitatif dan Kuantitatif
Sebelumnya: Pengertian Dzikir dan Manfaatnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar