Mengenal Kunci-kunci Gitar


Dalam pelajaran kesenian di sekolah, tentunya Anda sudah mengenal tentang gitar, salah satu alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik. Alat musik ini memiliki 6 senar, yang untuk memainkannya haruslah mengenal kunci-kunci gitar terlebih dahulu.

Belajar Kunci Gitar

Untuk memainkan gitar, memang butuh latihan khusus dan tentunya kemauan yang keras untuk bisa lancar dalam memainkannya. Hal pertama yang harus dipelajari adalah kunci gitar. Gitar memiliki beberapa jenis kunci gitar, Kunci dasar major, kunci dasar minor, dan kunci tegak :

Kunci Dasar Major

Dalam nada major, memiliki unsur kegembiraan dan keriangan di dalam nadanya.

Kunci dasar major adalah A, E, D, G, C, F, B.

Kunci Dasar Minor

Dalam nada minor, ada unsur kesedihan, dan kegalauan.

Kunci dasar minor adalah Am, Bm, Cm, Dm, Em, Fm, Gm.

Kunci Tegak

Kunci tegak biasa disebut atau dikenal dengan nada tinggi dari suatu kunci dasar.

Untuk belajar gitar ini, Anda harus mempelajari kunci-kunci dasar ini terlebih dahulu, biasakan tangan Anda untuk memindah-mindahkan jemari dari satu kunci ke kunci yang lainnya.

Apabila merasa sudah cukup lancar memindahkan jemari dari satu kunci ke kunci lainnya, mulai hafalkan kunci-kunci gitar tersebut, minimal kunci minor dan major. Apabila kemudian Anda merasa sudah cukup hafal, mulailah berlatih menggunakan lagu. Pilih lagu yang ringan, mudah, dan memiliki kunci yang tidak terlalu sulit.

Jika sudah merasa cukup mampu, Anda bisa meningkatkan kemampuan dengan pilihan lagu yang lebih sulit. Anda bisa mendapatkan lagu-lagu tersebut di buku-buku musik yang berisi aneka lagu berikut kunci gitarnya.

Mahir bermain gitar, tidaklah cukup dengan hafal semua kunci gitar, tetapi Anda juga harus rutin latihan. Rutin latihan bermain gitar, akan membuat Anda lebih banyak mengenal jenis musik dan bagaimana berimprovisasi musik dengan gitar dalam genggaman tangan Anda.

Demikian artikel tentang mengenal kunci-kunci gitar dan cara berlatih gitar. Semoga bermanfaat dan bisa membuat Anda lebih bersemangat untuk belajar gitar.

Selanjutnya : Mengenal Lambang Negara Indonesia
Sebelumnya: Manfaat Putih Telur Bebek
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar