Mengenal Lambang Koperasi dan Artinya


Setiap organisasi, perkumpulan, perusahaan atau badan usaha, tentu memiliki lambang berbeda. Begitu pula halnya dengan koperasi. Lalu, apa lambang koperasi dan artinya?

Sebenarnya, dalam bangku sekolah dasar sudah dijelaskan tentang lambang koperasi dan artinya. Materi tersebut disampaikan dalam mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Untuk itu, seharusnya pembelajaran di sekolah dasar tersebut ada dalam memori para penbaca.

Akan tetapi, terkadang memori seseorang tidak selalu nbekerja dengan baik. Apalagi jika hal tersebut berhubungan dengan pelajaran. Oleh karena itulah, artikel kali ini akan menyampaikan materi tentang lambang koperasi beserta artiya.

Sebelum membahas lebih jauh seputar lambang koperasi, ada baiknya jika mengetahui dulu sejarah koperasi. Salah satunya memahami terlebih dahulu pengertian koperasi.

Pengertian Koperasi

Koperasi merupakan kumpulan atau badan usaha yang terdiri atas badan hukum dan para anggota. Dalam hal ini, koperasi menjalankan usahanya sesuai dengan prinsip awal.

Prinsip koperasi adalah gerakan ekonomi yang didasarkan dengan asas kekeluargaan. Dalam menjalankan tugas, gerakan koperasi menjadi acuannya.

Gerakan koperasi merupakan suatu gagasan yang dikemukakan oleh Robet Owen. Gagasan Robert Owen pertama kali digunakan di Skotklandia, tepatnya pada bidang usaha pemintalan kapas.

Kemudian, gagasan tentang gagasan koperasi ini dikembangkan lagi. Pengembangan gerakan koperasi dilakukan oleh William King pada 1786. William King berusaha untuk mengembangkan gerakan koperasi, dengan cara membangun sebuah toko koperasi. Toko koperasi yang dibangun William King terletak di Inggris.

Tidak lama setelah itu, William King kembali membawa perubahan baik dalam bidang ekonomi. Pada 1828, William King mengutarakan berbagai saran dan gagasan mengenai cara pengelolaan toko beserta prinsip koperasi.

Lambang Koperasi

lambang koperasi Indonesia terdiri atas beberapa ikon. Mulai dari rantai, kapas dan padi, bintang, pohon beringin, timbangan, sampai dengan tulisan koperasi Indonesia.

Gambar rantai diartikan sebagai lambang hubungan persahabatan yang erat. Kapas dan Padi diartikan sebagai lambang usaha koperasi dalam menjungjung tinggi kemakmuran rakyat.

Gambar pohon beringin diartikan sebagai lambang keprinbadian dan sifat bangsa Indonesia yang kokoh. Timbangan diartikan sebagai lambang sifat adil. Kemudian, bintang dalam perisai diartikan sebagai lambang Pancasila (dasar Negara Indonesia).

Lambang koperasi indonesi bukan hanya gambar, melainkan juga tulisan. Dalam lambang, terdapoat tulisan “Koperasi Indonesia”. Tulisan tersebut diartikan sebagai kepribadian koperasi ddi Indonesia.

Di samping itu, lambang koperasi juga mempunyai dasar warna merah dan putih. Kedua warna tersebut mempunyai arti penting bagi bangsa Indonesia. Hal ini dikarenakan, merah dan putih memiliki arti sebagai sifat nasional bangsa Indonesia.

Demikianlah ulasan singkat seputar lambang koperasi dan artinya serta sejarahnya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Arti Nama Cindy Menurut Agama Kristen
Sebelumnya: Teladan Kesabaran dari Cerita tentang Nabi Yusuf
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar