Mengenal Lambang Negara Indonesia


Sejak di sekolah dasar, tentunya kita sudah dikenalkan dengan lambang negara Indonesia, yaitu Burung Garuda. Namun, tak banyak yang mengenal lambang negara Indonesia berikut arti dan sejarahnya.

Burung Garuda resmi digunakan sebagai lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia sejak 11 Februari 1950. Hal ini tercantum di dalam PP No. 66 Tahun 1951. Penggunaan lambang Burung Garuda ini digagas oleh Sultan Hamid II yang ketika itu menjabat sebagai Menteri Negara.

Awalnya, Presiden Soekarno menghendaki jika lambang negara haruslah mencerminkan pandangan hidup bangsa dan dasar negara yaitu Pancasila. Kemudian dibentuklah Panitia Lencana Negara yang melaksanakan sayembara untuk memilih rancangan lambang negara. Dan akhirnya terpilihlah rancangan lambang negara dari Sultan Hamid II.

Pada mulanya, pita yang dicengkeram burung Garuda berwarna merah, kemudian akhirnya diganti dengan pita merah putih dan ditambah dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”. Perubahan dan penyempurnaan terus dilakukan Sultan Hamid II hingga tercipta lambang negara seperti sekarang ini.

Arti dari Lambang Negara Indonesia

Arti dari lambang negara Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Burung Garuda digunakan sebagai lambang Bangsa Indonesia karena diambil dari mitologi kuno, kendaraan Dewa Wishnu yang bentuknya seperti burung rajawali garuda. Hal ini sebagai penggambaran jika Indonesia merupakan bangsa yang besar dan kuat.
  2. Warna keemasan sebagai perlambangan kejayaan dan keagungan.
  3. Sayap, cakar, serta ekor Burung Garuda menjadi lambang kekuatan pembangunan.
  4. Jumlah helai bulu pada lambang Garuda Pancasila menjadi lambang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945: 17 helai bulu pada sayap melambangkan tanggal Proklamasi, 8 helai bulu pada ekor melambangkan bulan Proklamasi, 19 helai bulu pada pangkal ekor, serta 45 helai bulu pada leher melambangkan tahun proklamasi.
  5. Perisai di dada Burung Garuda melambangkan senjata yang digunakan bangsa Indonesia dalam perjuangan.
  6. Garis hitam tebal di tengah perisai menggambarkan garis khatulistiwa yang melintasi Indonesia sebagai negara tropis.
  7. Warna dasar  merah putih pada persiai melambangkan warna bender Indonesia.
  8. Gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, serta padi dan kapas melambangkan pancasila.

Demikian artikel tentang mengenal lambang negara Indonesia, semoga bermanfaat dan bisa menambah kecintaan kita pada bangsa Indonesia.

Selanjutnya : Bank Terbesar Pertama di Indonesia
Sebelumnya: Mengenal Kunci-kunci Gitar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar