Mengenal Nama Politik Disetiap Negara dan Sistemnya

Mengetahui nama politik disetiap negara dan sistemnya merupakan hal menarik. Khususnya bagi para Anda yang kini sedang belajar atau berkuliah di bidang ilmu politik. Politik sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni, polis yang berarti ‘negara kota’. Menurut sejarahnya, politik awalnya dihubungkan dengan berbagai kegiatan dalam kehidupan bernegara.

Tentang Dunia Politik

Dalam ketatanegaraan istilah politik berkaitan dengan dasar-dasar pemerintahan, tata cara pemerintahan, atau kekuasaan negara. Politik sendiri pada dasarnya berkaitan dengan tujuan-tujuan masyarakat, sehingga bukan tujuan pribadi. Politik juga biasanya dikaitkan dengan kegiatan partai politik serta organisasi kemasyarakatan.

Bisa disimpulkan jika politik merupakan interaksi antara masyarakat dengan pemerintah dalam proses penentuan kebijakan dan keputusan, demi kebaikan bersama yang berada dalam satuan komunitas tertentu.

Sistem politik yang berbeda antara negara satu dengan yang lain adalah hal yang wajar dan alamiah. Hal tersebut dikarenakan setiap negara mempunyai perjalanan sejarah yang berbeda-beda. Setiap negara juga mempunyai spesifikasi masing-masing dari segi ideologi, kehidupan sosial, agama, kebudayaan, serta lingkungan alam yang tidak sama dengan negara-negara lainnya.

Perjuangan suatu bangsa serta perkembangan politik di dalamnya, biasanya juga ikut berperan dalam menetapkan sistem politik. Sistem politik dalam sebuah negara umumnya dilandasi oleh kepribadian bangsa, ideologi, kondisi ekonomi, sosial, serta budaya dari negara itu sendiri.

Semisal dalam sistem negara komunis. Umunya bercirikan sebuah pemerintahan yang sentralistik, peniadaan hak-hak sipil/politik, peniadaan hak milk perorangan, peniadaan mekanisme pemilu yang terbuka, peniadaan oposisi, serta memiliki pembatasan terhadap arus informasi ataupun kebebasan dalam berpendapat.

Sementara itu sistem politik di negara liberal, memiliki ciri yang bertolak belakang dengan komunis. Umumnya bercirikan kebebasan berpikir bagi setiap kelompok atau individu. Selain itu adanya pembatasan kekuasaan, adanya penegakan hukum, adanya kebebasan mengemukakan pendapat, mekanisme pemerintahan yang terbuka dan terdapat jaminan atas hak-hak kaum minoritas.

Kaitannya dengan Negara Indonesia, sistem politiknya didasarkan pada prinsip, nilai, kelembagaan, serta prosedur yang demokratis. Dasar-dasar pokok dari sistem demokrasi politik di Indonesia yakni negara atas hukum, kedaulatan rakyat, bentuk republik, pemerintahan berlandaskan konstitusi, pemerintahan yang bertanggung jawab, sistem perwakilan, serta sistem pemerintahan presidensiil.

Nama politik disetiap negara dan sistemnya, memang menarik untuk diketahui dan diikuti perkembangannya. Semoga uraian di atas bisa menambah pengetahuan Anda mengenai hal-hal yang berkaitan dengan dunia politik.

Loading...
Selanjutnya : Kantor Pusat Minerva
Sebelumnya: Ulasan Beragam Suara Burung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar