Mengenal Pembagian Zodiak


Anda sering membaca ulasan ramalan zodiak? Apa sih sebenarnya zodiak itu? Sebenarnya dalam ilmu astronomi, zodiak merupakan cincin konstelasi bintang-bintang di sepanjang garis ekliptis.

Sementara dalam astrologi dikenal pembagian zodiak berdasarkan peta langit yang disesuaikan dengan tanggal-tanggal tertentu dimana suatu tanggal tersebut dinaungi oleh satu zodiak.

Tanggal tersebut biasanya dikaitkan dengan tanggal lahir seseorang. Zodiak sendiri  berasal dari bahasa latin, zodiacus yang artinya lingkaran hewan-hewan.

Sehingga sebagian dari masing-masing zodiak memiliki lambang bentuk binatang seperti ikan, kambing, kalajengking, dan sebagainya. Tiap lambang zodiak biasanya dipercayai sebagai gambaran kepribadian orang yang dinaungi oleh masing-masing zodiak yang ada.

Misalnya, zodiak leo dengan simbol singa menggambarkan kepribadian yang kuat dengan emosi yang meledak-ledak.
Saat ini zodiak kerap dijadikan ramalan tentang keadaan seseorang yang memiliki zodiak tertentu. Ada 12 zodiak yang dijadikan rujukan keadaan seseorang. Zodiak tersebut antara lain:

–    Capricorn (22 desember  – 19 januari)
–    Aquarius (20 Januari – 18 Pebruari)
–    Pisces (19 Pebruari – 20 Maret)
–    Aries (21 Maret – 19 April)
–    Taurus (20 April – 20 Mei)
–    Gemini (21 Mei – 20 Juni)
–    Cancer (21 Juni – 22 Juli)
–    Leo (23 Juli – 22 Agustus)
–    Virgo (23 Agustus – 22 September)
–    Libra (23 september – 22 Oktober)
–    Scorpio (23 Oktober – 21 Nopember)
–    Sagitarius (22 Nopember – 21 Desember)

Zodiak-zodiak tersebut disesuaikan dengan tanggal lahir seseorang. Nantinya dalam ramalan zodiak yang muncul akan didapati bagaimana gambaran keadaan orang yang dinaungi oleh zodiak tertentu tersebut.

Secara rutin, biasanya surat kabar, majalah, atau buletin baik berbentuk cetak atau elektronik biasanya memuat ramalan zodiak terbaru baik secara mingguan ataupun bulanan. Walau tidak ada yang benar-benar mengetahui siapa sebenarnya yang menuliskan ramalan zodiak tersebut.

Satu hal lagi, baru-baru ini dikatakan terjadi penambahan zodiak. Ya, yang semula 12 zodiak menjadi 13 zodiak, dengan zodiak Opiuchus (30 Nopember – 17 Desember) yang menjadi tambahan.

Zodiak-zodiak lain pun turut bergeser penanggalannya. Pembagian zodiak baru tersebut konon dikaitkan dengan pergeseran sumbu bumi sehingga merubah peta langit.

Selanjutnya : Bangkit Kembali dengan Bantuan Kutipan Favorit Sedih
Sebelumnya: Contoh Jujur Pada Diri Nabi Muhammad
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar