Mengenal Sistem Organ pada Hewan Vertebrata


Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai hewan dan sistem organ pada hewan vertebrata, ada baiknya kita lebih dulu mengenal apa itu hewan vertebrata. Berdasarkan penjelasan biologi, vertebrata adalah subfilum Chordata yang merupakan hewan dengan keistimewaan yaitu memiliki tulang belakang yang tersusun dari vertebra. vertebrata sendiri merupakan subfilum terbesar dari Chordata.

Sistem Organ pada Vertebrata

Sistem organ pada vertebrata terdiri atas alat respirasi, ekskresi, peredaran darah, rangka, dan reproduksi.

  • Pisces/ikan, hewan ini bernafas dengan insang namun ada pula yang dibantu dengan labirin untuk bernafas pada air yang keruh. Ekskresi pisces/ikan dilakukan oleh ginjal opistonefros, kulit dan insang kemudian dikeluarkan melalui anus dan urogenital. Memiliki sistem peredaran darah tunggal dan tertutup, dengan jumlah ruang jantung satu serambi dan satu bilik. Bereproduksi dengan cara beranak dan bertelur baik melalui fertilisasi eksternal maupun internal.
  • Amphibia/amfibi, hewan ini bernafas dengan insang (kecebong) dan dengan paru-paru serta kulit pada saat dewasa. Ekskresinya dilakukan oleh ginjal opistonefros, kulit, paru-paru, dan insang. Kemudian dikeluarkan secara menyatu. Peredaran darah pada amphibia/amfibi bersifat ganda dan tertutup, dengan jumlah ruang jantung dua serambi dan satu bilik.
  • Reptilia/reptil, hewaan ini bernafas dengan paru-paru. Ekskresinya dilakukan oleh ginjal metanefros, kulit dan paru-paru kemudian dikeluarkan secara menyatu. Memiliki sistem peredaran darah ganda dan tertutup, dengan jumlah ruang jantung dua serambi dan dua bilik (sekat belum sempurna). Sistem rangka tersusun atas endoskeleton dan sisik. Bereproduksi dengan bertelur, bertelur-beranak melalui fertilisasi internal.
  • Aves/burung, hewan ini bernafas dengan paru-paru dan dibantu dengan pundi-pundi udara pada saat ia terbang. Ekskresi dilakukan oleh ginjal metanefros, kulit, dan paru-paru. Kemudian dikeluarkan secara menyatu. Memiliki sistem peredaran darah ganda dan tertutup, dengan jumlah ruang jantung dua serambi dan dua bilik dengan sistem sekat sempurna. Sistem rangka tersusun atas endoskeleton. Bereproduksi dengan bertelur.
  • Mammalia/mammal, hewan ini bernafas dengan paru-paru. Ekskresinya dilakukan oleh ginjal metanefros, kulit, dan paru-paru. Memiliki sistem peredaran darah ganda dan tertutup, dengan jumlah ruang jantung dua serambi dan dua bilik (sekat belum sempurna). Sistem rangka tersusun atas endoskeleton dan sisik. Mayoritas bereproduksi dengan cara beranak.

Demikian sedikit ulasan mengenai sistem organ pada hewan vertebrata, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Ternak Sapi
Sebelumnya: Cara Bertanam Hidroponik Sederhana
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar