Mengenal Sistem Pemerintahan Singapura


Secara politis, sistem pemerintahan Singapura adalah republik dan begara tersebut juga merupakan anggota Persemakmuran. Sebagai bekas negara jajahan Inggris, konstitusi Singapura berdasarkan atas sistem Westminster, seperti halnya yang digunakan oleh banyak negara bekas jajahan Inggris yang lain. Sistem pemerintahan parlementer yang dianut oleh negara tersebut membuat presiden berperan sebagai kepala sedangkan kepala pemerintahan dipegang oleh seorang perdana menteri yang merupakan ketua partai politik yang memiliki suara mayoritas di parlemen.

Sistem Pemerintahan di Singapura

Pemilihan umum di Singapura dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Sistem pemerintahan yang digunakan membuat perdana menteri bersama dengan para menteri atau sendirian bertanggung jawab secara langsung kepada parlemen. Dalam sejarah negara tersebut, anggota ckbinet dipilih berdasarkan kekuatan yang ada di parlemen yang sekaligus menunjukkan bagaimana peta kekuatan di dalam parlemen.

Sistem itu pula yang membuat parlemen dapat menurunkan kabinet sewaktu-waktu atau pun mengadakan pemilihan umum secara mendadak. Kedudukan presiden sebagai kepala negara tidak dapat diganggu gugat meskipun dirinya juga harus mempertanggungjawabkan pelaksanaan jalannya pemerintahan.

Singapura adalah salah satu negara termaju di kawasan Asia tenggara. Wilayah Negara Singapura berbatasan langsung dengan Indonesia di sebelah timur dan selatan sedangkan di sebelah barat dan utara berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. Letak Negara Singapura sangatlah strategis sehingga memiliki modal yang cukup besar untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Singapura selama ini lebih dikenal sebagai negara yang digunakan untuk tujuan bisnis, hal tersebut tidak lain disebabkan karena banyaknya kantor cabang perusahaan dari seluruh dunia yang menggunakan Singapura sebagai basis atau kantor cabangnya di Asia Tenggara.

Dengan sistem pemerintahan Singapura yang seperti itu, selama ini negara tersebut mampu berkonsentrasi untuk mengembangkan diri mereka secara ekonomi. Terbukti, saat ini Singapura menduduki posisi yang baik secara ekonomi di mata dunia internasional. Pendapatan per kapita masyarakat di Singapura sangatlah tinggi, terutama jika dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara. Kebijakan politik luar negeri Singapura juga memungkinkan banyak sekali pendatang untuk bekerja di sana, dan hal itu justru menjadi satu hal positif yang membuat negara tersebut menjadi sangat maju dan secara ekonomi lebih kaya dibandingkan yang lain.

Selanjutnya : Tips Cara Merawat Anak Burung Puyuh Sakit
Sebelumnya: Kisah Indomie Goreng Sukses
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar