Mengenal Suku-Suku Peradaban Amerika

Amerika jauh sebelum dihuni oleh para pendatang dari benua Eropa sudah dihuni oleh suku-suku atau bangsa asli yang menjalani peradaban Amerika. Suku-suku tersebut di antaranya Suku Aztek, Suku Chibcha, Suku Maya, dan Suku Inca.

Suku Aztek

Suku atau bangsa Aztek banyak menempati daerah Meksiko Tengah dan selatan. Mereka terkenal memiliki tentara yang kuat dan akan menjadikan bangsa yang kalah sebagai budak, budak-budak tersebut akan bekerja membangun kota serta kuil-kuil bagi bangsa Aztek.

Kuil-kuil yang dibangun oleh bangsa Aztek berbentuk piramida. Piramida yang dibuat oleh bangsa Aztek ini biasanya bersifat megah dan besar.

Mereka pun mengenal sistem pengorbanan manusia, pada masa mereka selalu ada korban persembahan, korban tersebut adalah manusia. Akan tetapi, pengorbanan manusia itu sendiri bukan menjadi hal yang mengerikan bagi mereka. Selain masalah kepercayaan tersebut, bangsa Aztek sangat mahir dalam bidang pertanian. Tanaman yang ditanam oleh mereka berupa padi dan jagung.

Suku Chibcha

Suku atau bangsa Chibcha ini menempati dataran tinggi Bogota tepatnya di Kolombia bagian tengah. Bangsa ini juga dikenal sebagai bangsa petani karena mata pencaharian mereka berasal dari bertani.

Jenis tanaman yang dihasilkan adalah kentang dan padi. Bangsa Chibcha sudah mengenal sistem penanggalan, penggunaan huruf piktograf, membuat perhiasan dari emas, memakai pakaian dari bahan katun, serta memiliki kemajuan dalam bidang perdagangan.

Suku Maya

Suku atau bangsa Maya merupakan salah satu suku yang cukup dikenal sampai sekarang. Suku Maya sudah memiliki peradaban yang tinggi. Beberapa kemajuan peradaban suku ini di antaranya sistem penanggalan yang lebih maju dari penanggalan Romawi, kemajuan di bidang matematika, kesenian, astronomi, seni bangunan, dan pertanian. Suku Maya juga sudah mengenal angka nol. Suku Maya banyak berkembang di daerah Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Suku Inca

Suku atau bangsa Inca menempati Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Bangsa Inca memenuhi kebutuhan hidup dengan bertani dan menghasilkan hasil pertanian seperti padi dan kacang-kacangan. Suku Inca pun melakukan pengawetan mayat atau mumi seperti peradaban di Mesir.

Sekilas mengenai suku-suku peradaban Amerika ini diharapkan dapat memberikan sedikit informasi. Suku-suku pada peradaban ini bisa menjadi bahan penelitian yang menarik untuk dilakukan. Banyak sumber yang bisa dijadikan referensi untuk mengetahui lebih dalam tentang suku-suku di Amerika.

Loading...
Selanjutnya : Mikroorganisme Berdasar Suhu
Sebelumnya: Peta Persebaran Kubur Tempayan Wilayah Jambi dan Palembang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar