Mengenal Unsur-unsur Kimia Tanah


Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa di dalam tanah mengandung unsur kimia yang cukup kompleks. Unsur-unsur kimia tanah inilah yang menjadi penyebab mengapa tumbuhan dan beberapa jenis hewan dapat hidup dan berkembang biak di dalamnya.

Setiap tanah mengandung unsur kimia yang sama. Hanya saja kadarnya per tiap jenisnya yang berbeda-beda. Seperti halnya dengan sifat keasaman tanah atau alkalinitas tanah. Keasaman tanah disebut jugan dengan PH. Kadar PH dalam tanah akan memengaruhui kosentrasi ion hidrogen yang terkandung di dalam tanah. PH tanah akan semakin tinggi, apabila kadar ion hydrogen di dalam tanah semakin banyak. Begitu pula sebaliknya.

Jenis Unsur Kimia dalam Tanah

Dalam artikel ini akan dijabarkan secara ringkas apa saja jenis unsur kimia dalam tanah. Di antara unsur-unsur yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Nitrogen, merupakan salah satu unsur hara makro esensial. Unsur nitrogen dalam tanah bisa berasal dari bahan organik tanah, (baik organik halus maupun organik kasar), pupuk, air hujan, dan pengikatan yang dilakukan oleh mikroorganisme. Nitrogen inilah yang sekaligus berperan dalam proses pembentukan klorofil pada tumbuhan, enzim, asam amino, lemak, dan senyawa-senyawa kimia lainnya. 
  • Fosfor, merupakan unsur kimia yang berasal dari bahan-bahan organik yang mengendap di dalam tanah, misalnya pupuk buatan dan mineral-mineral. Sebenarnya unsur fosfor di dalam tanah terbagi atas dua, yakni unsur fosfor organik dan unsur fosfor anorganik. Unsur fosfor organik umumnya terdapat pada lapisan tanah teratas dan biasanya sangat bagus untuk kegiatan bercocok tanam. 
  • Kalium, merupakan unsur kimia di dalam tanah yang terbentuk dari hasil pelapukan batu-batuan serta mineral-mineral yang mengandung kalium. Unsur ini digunakan sebagai penetralisir muatan listrik negatif yang disebabkan oleh unsur fosfat dan nitrat. 
  • Natrium, merupakan unsur kimia yang paling banyak di temukan pada tanah-tanah yang tersebar di pinggiran pantai. Tingginya kadar natrium di kawasan pinggiran pantai disebabkan karena pengaruh jumlah natrium yang cukup besar pada air laut. 

Itulah sebagian kecil unsur-unsur kimia tanah. Masih banyak unsur kimia tanah lainnya yang mungkin akan dibahas di lain waktu. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cerita-Cerita Setan Mitos Atau Nyata
Sebelumnya: Berita Aktual Sindo Koran Hari Ini
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar