Mengenal Wayang Golek Anak Bima


Tahukah Anda siapa tokoh wayang golek anak Bima? Ya, ia adalah Gatotkaca. Gatotkaca adalah seorang anak dari Bima, yang berasal dari Pandawa, dan Arimbi yang berasal dari bangsa raksasa. Hal inilah yang kemudian membuat Bima memiliki kekuatan yang luar biasa. Dalam sebuah perang di Kurushetra, dikisahkan ia banyak menewaskan sekutu dari Kurawa. Namun, pada akhirnya ia tewas di tangan Karna.

Di Indonesia, Gatotkaca sering digambarkan sebagai seorang tokoh pewayangan yang begitu populer. Hampir seluruh penduduk Indonesia mengenal tokoh ini. Jika Anda pernah mendengar istilah “otot kawat tulang besi”, tentu akan dikaitkan dengan tokoh Gatotkaca. Kemampuannya yang dapat terbang tanpa sayap serta kekuatannya yang luar biasa dan sulit dikalahkan membuat tokoh pewayangan yang satu ini mendapatkan julukan tersebut.

Gatotkaca dalam versi Jawa merupakan seorang manusia setengah raksasa. Hal ini karena ibunya berasal dari bangsa raksasa. Arimbi adalah putri Prabu Tremboko, Raja Kerajaan Pringgadani. Ia tewas di tangan ayah dari Pandawa yaitu Pandu karena adanya adu domba yang dilakukan oleh Sangkuni. Tremboko kemudian digantikan oleh Arimba, anak sulungnya.

Saat para Pandawa membangun Amarta, Arimba tewas di tangan Bima. Kemudian Bima memegang takhta Pringgadani dan memperistri Arimbi. Mereka berencana kelak tahta kerajaan tersebut akan diberikan pada putranya.

Arimbi sebenarnya memiliki lima adik yaitu Brajamusti, Brajadenta, Brajawikalpa, Brajalamadan, dan Kalabendana. Brajadenta yang diberikan kepercayaan sebagai patih kemudian dihasut oleh Sangkuni. Ia menghasut bahwa sebenarnya takhta Pringgadani seharusnya bukan milik Gatotkaca melainkan miliknya.

Hasutan Sangkuni tersebut membuat Brajadenta melakukan pemberontakan untuk merebut takhta dari Gatotkaca. Saudaranya, Brajamusti, memihak pada Gatotkaca dan bertarung melawan kakaknya tersebut. Hal ini menyebabkan kedua raksasa tersebut tewas bersamaan. Roh kedua raksasa kembar tersebut kemudian menyusup pada tangan kanan dan kiri Gatotkaca.

Setelah kejadian tersebut, kemudian Brajalamadan diangkat oleh Gatotkaca sebagai patih untuk menggantikan Brajadenta dan memiliki gelar Patih Prabakiswa.
Itulah sekilas tentang Gatotkaca. Toko wayang golek anak Bima yang memiliki kekuatan yang luar biasa. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Film Gratis di Ganool
Sebelumnya: Apa yang Dibutuhkan Masyarakat di Kota Cilacap?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar