Mengenali Jumlah Suku di Indonesia


Sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang terlahir di tanah air ini, saya yakin tidak semua dari kita mengetahuinya. Bahkan Badan Pusat Statistik sampai saat ini masih mendalami tentang jumlah suku di Indonesia.

Dari data terakhir yang masuk pada tahun 2010, jumlah suku bangsa di Indonesia mencapai angka 1.340 suku bangsa. Inilah yang menjadi salah satu penguat diberikannya julukan bangsa majemuk atau heterogen pada bangsan Indonesia.

Dengan jumlah suku bangsa sebanyak itu, pantas jika Indonesia dinobatkan sebagai negara yang memiliki suku paling banyak di dunia. Setiap provinsi di Indonesia tidak hanya terdiri dari satu suku saja, ada banyak provinsi yang didiami oleh beberapa suku sekaligus.

Bahkan di Papua, wilayah timur Indonesia, jumlah sukunya mencapai 270 suku. Sebuah angka yang besar dan menunjukkan betapa berwarnanya kehidupan sosial masyarakat Papua.

Keberadaan jumlah suku yang banyak secara otomatis akan mencipatkan bahasa termasuk dialek dan juga budaya yang berbeda. Ini karena ragam bahasa, dialek, dan budaya menjadi ciri pembeda antara satu suku dengan suku lainnya.

Dengan keragaman yang begitu besarnya, akan sangat sulit jika komunikasi tidak menggunakan bahasa standar yang bisa dipakai bersama. Dalam Sumpah Pemuda ditegaskan bahwa Bahasa Indonesia adalah bahasa yang menjadi bahasa pemersatu.

Dari banyaknya jumlah suku yang ada, tetap ada suku yang menempati peringkat teratas berkaitan dengan jumlah populasinya. Dari data yang ada diketahui bahwa suku terbesar di Indonesia berturut-turut adalah Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Melayu, dan diurutan berikutnya adalah Suku Madura.

Suku Jawa menguasai sekitar 40 persen dari total rakyat Indonesia yang dari kesemua orang bersuku Jawa tidak hanya menetap di Pulau Jawa saja, tapi juga berdiaspora ke seluruh bagian nusantara dan banyak juga yang sampai mancanegara.

Jika suku Jawa menguasai jumlah populasinya, ada juga suku-suku yang populasinya hanya segelintir saja. Hanya berkisar pada angka ratusan orang saja.

Meskipun terbilang kecil, mereka tetaplah menjadi suku yang keberadaannya diakui oleh negara yang menganut paham Bhinneka Tunggal Ika ini. Demikian sekilas gambaran singkat tentang jumlah suku di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Biografi Para Tokoh NU di Indonesia Masa Sekarang
Sebelumnya: Nomor yang Dipertandingkan dalam Lomba Atletik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar