Mengenali Titik-Titik Saraf Refleksi pada Telapak Kaki


Saat ini, teknik pijat refleksi semakin dikenal secara luas oleh masyarakat. Hal ini seiring dengan keinginan banyak orang untuk tetap memiliki tubuh yang sehat. Dengan belajar mengenali titik-titik saraf pijat refleksi secara mandiri, kita bisa mencoba sendiri teknik pijat yang menyehatkan badan ini.

Menurut para pakar di bidang ini, titik saraf untuk pijat refleksi berada di seluruh tubuh manusia. Titik saraf ini tersebar merata dari kepala sampai kaki. Namun, titik saraf terbanyak berada di area telapak kaki dan telapak tangan. Area telapak kaki merupakan tempat terbanyak untuk pijat refleksi, bahkan ada yang berpendapat titiknya mencapai sekitar 60 persen dari semua titik pijat refleksi.

Tidak mengherankan, jika para terapis pijat refleksi hanya memijat area telapak kaki saja. Untuk kasus tertentu, misalnya untuk penyakit yang berat atau kronis, mungkin ada terapis yang melakukan pemijatan ke seluruh tubuh. Titik saraf refleksi pada area kaki, terbagi untuk kaki kanan dan kaki kiri. Berikut ini adalah beberapa bagian titik saraf dan fungsi pemijatan pada area tersebut.

1.    Area kaki kanan adalah titik saraf untuk gangguan fungsi organ tubuh, seperti otak kiri, otak kecil, gangguan THT (Telinga Hidung Tenggorokan), mata dan dahi kiri, kelenjar tiroid dan paratiroid, paru-paru bagian kanan, gangguan pencernaan, lever pankreas, ginjal, saluran kemih, usus kecil dan besar, kelenjar reproduksi pria dan lutut kiri, serta beberapa organ lain.

Untuk organ vital tubuh, misalnya otak kiri dan kecil, pijatlah di area jempol kaki kanan dari pangkal sampai ujung, sedangkan semua ujung jari kaki adalah untuk gangguan pada dahi. Misalnya, pada kasus darah rendah, sangat baik memijat area ini.

2.    Area kaki kiri adalah titik saraf untuk bagian organ, seperti otak kanan, otak kecil, jantung, limpa, dahi, mata kanan, usus 12 jari, rektum dan anus, serta lutut kanan. Memang sedikit unik untuk area yang sama, saraf untuk organ jantung ada pada kaki kiri, sedangkan lever dan empedu ada di kaki kanan.
Demikianlah ulasan tentang titik-titik refleksi pada tubuh manusia. Anda dapat mempelajari setiap titik saraf melalui gambar tentang titik pijat refleksi. Selain itu, semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca, terutama bagi Anda yang memperhatikan kesehatan saraf Anda.

Selanjutnya : Toko Parfum Original BTC Bandung
Sebelumnya: Tips Pintar Bahasa Inggris
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar