Mengetahui Ciri-ciri Guru Profesional


Apakah Anda mengetetahui ciri-ciri guru profesional? Semua manusia di dunia ini mempunyai kesempatan untuk menjadi seorang guru. Bahkan bisa dikatakan sebenarnya semua manusia bisa menjadi seorang guru. Karena sebenarnya guru adalah pekerjaan yang bisa dilakukan oleh semua orang. Namun untuk menjadi seorang guru yang profesional harus benar-benar memiliki keahlian dalam bidangnya yang tentunya ditunjang dengan latar belakang pendidikan, pelatihan-pelatihan guru serta jam terbang yang memadai.

Ciri Guru Profesional

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang ciri-ciri guru professional antara lain:

  • Mempunyai energi bagi para siswanya. Seorang guru harus memberikan perhatian kepada siswanya disetiap diskusi maupun percakapan.
  • Mempunyai tujuan yang jelas dalam pembelajaran. Seorang guru harus mempunyai tujuan yang jelas dalam setiap KBM.
  • Disiplin. Seorang guru harus dapat menerapkan sikap disiplin agar para siswa lebih menghargainya serta dapat dicontoh oleh para siswa.
  • Dapat mengatur kelas dengan baik. Seorang guru harus dapat mengatur suasana kelas sebaik mungkin, agar para siswanya dapat belajar secara efektif.
  • Dapat berkomunikasi baik dengan orang tua. Seorang guru harus dapat berkomunikasi dengan orang tua secara baik. Karena peran orang tua dalam pendidikan mempunyai peran yang penting guna menunjang keberhasilan belajar anak.
  • Memiliki harapan yang tinggi pada siswa. Seorang guru harus memiliki harapan yang tinggi terhadap siswanya agar para siswa juga terdorong atau termotivasi untuk terus maju dan berkembang.
  • Memiliki pengetahuan tentang kurikulum. Seorang guru harus memiliki pengetahuan tentang kurikulum karena apa yang ia ajarakan pada saat KBM harus mengacu pada kurikulum yang ada.
  • Menguasai materi pelajaran. Seorang guru harus benar-benar menguasai materi pelajaran yang akan ia ajarkan. Bahkan sebaiknya seorang guru harus benar-benar mempelajari terlebih dahulu materi yang akan ia ajarkan sebelum diajarkan kepada siswanya. 
  • Mempunyai hubungan yang baik dengan para siswa. Seorang guru harus mempunyai hubungan yang baik dengan para siswa. Dengan siswa merasa akrab terhadap guru, maka mereka akan merasa dekat dengan guru tersebut. Jika terdapat pertanyaan tentang pelajaran mereka tidak segan-segan untuk menanyakan.

Itulah beberapa ciri-ciri guru profesional yang dapat kami ulas. Semoga bermanfaat untuk memotivasi Anda menjadi seorang guru yang profesional.

Selanjutnya : Sekolah Musik Miladomus: Tempat Kursus Kecapi China Unggulan di Jakarta
Sebelumnya: Sejarah Perjalanan Terbentuknya TNI
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar