Mengetahui Masalah pada TV dengan Melihat Kerusakan Televisi dari Gambar


Melihat kerusakan televisi dari gambar adalah salah satu cara untuk mengetahui masalah pada televisi sehingga dapat memilih metode yang tepat untuk memperbaikinya. Berikut ini cara memeriksa kerusakan televisi dari gambar:

1. Televisi Tidak Ada Gambar dan Suara

Kondisi ini biasa disebut TV mati total. Kerusakan seperti ini biasanya terjadi pada rangkaian defleksi horizontal atau rangkaian catu daya (power supply). Solusi televisi mati total adalah memperbaiki jalur rangkaian yang kurang sempurna atau mengganti komponen yang rusak.

2. Gambar Televisi Tidak Muncul Tapi Ada suara

Hal ini terjadi karena CRT, pembatas tegangan tinggi, dan rangkaian penguat video rusak. Kerusakan biasanya terjadi karena filamennya putus, menyebabkan CRT tidak memancarkan cahaya, sehingga gambar tidak muncul.

3. Layar TV Gelap

Layar TV gelap biasanya terjadi karena kerusakan pada rangkaian catu daya, rangkaian defleksi horizontal, dan rangkaian tegangan tinggi yang mengakibatkan tegangan anoda CRT terlalu rendah dan gangguan penguat video.

4. Layar Televisi Satu Garis

Penyebabnya adalah osilator yang digunakan TV. Periksa dengan menggunakan multitester yaitu transistor, rangkaian defleksi vertikal, dan semua elektroda IC.

5. Televisi Bergaris-garis Hitam

Hal ini terjadi karena sinkronisasi horisontal yang jelek karena rusaknya IC dan transistor yang termakan usia. Kemungkinan karena elko mengering.

6. Gambar TV Tergeser Horizontal atau Vertikal

Hal ini terjadi karena dioda yang bocor sehingga input sinyal sinkronisasi tercampur dengan sinyal video pada rangkaian buffer video dan AGC atau kerusakan pada rangkaian osilator vertikal.

7. Gambar TV Menyempit

Hal ini disebabkan kondisi yoke yang rusak atau terbakar sehingga tegangan output horizontal lebih rendah. Atau karena kerusakan transistor yang terdapat di rangkaian defleksi horisontal.

8. Gambar Televisi Melebar

Hal ini disebabkan kerusakan VR. Solusinya periksa rangkaian ubah nilai VR, sesuaikan tegangannya, dan ganti VR tersebut jika tidak ada perubahan.

9. Tinggi Gambar TV Kurang

Lakukan pengaturan dengan Remote Control untuk TV Digital. Jika tidak ada perubahan, periksa R dan Tr karena kemungkinan terjadi kerusakan pada rangkaian defleksi vertikal.

10. Gambar Terganggu Channel/Aaluran Lain

Masalah ini umumnya disebabkan kerusakan pada tuner TV atau kerusakan pada komponen trafo IF. Periksa tegangan, jika tidak ada perubahan ganti tuner atau IC program.

Demikian penjelasan mengenai cara melihat kerusakan televisi dari gambar. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Peraturan Berlalu Lintas di Jalan Tol Saat Hujan
Sebelumnya: Kata Baku dan Tidak Baku Makna
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar