Mengetahui Tugas Dari Administrasi Staff

Tentu saja di setiap perusahaan ada pekerjaan yang bernama staff administrasi atau dalam bahasa inggrisnya diberi nama administrasi staff. Sebenarnya apa itu administrasi staff dan apa pula tugas dari administrasi staff di setiap perusahaan?

Administrasi staff atau staff administrasi adalah sebuah istilah yang ditujukan untuk karyawan yang pekerjaannya berada di bidang administrasi, misalnya surat masuk dan keluar, menyediakan materi untuk kebutuhan presentasi.

Agar dapat bekerja di bagian ini biasanya pihak perusahaan menerima calon karyawannya dari semua lulusan jurusan atau program studi apapun baik strata 1 maupun diploma 3 hanya saja diutamakan yang menguasai computer terutama Microsoft word, excel dan power point serta mempunyai kemampuan bahasa inggris secara aktif.

Meskipun posisi ini banyak dijabat oleh para wanita namun pria pun tidak boleh berkecil hati karena ada juga beberapa perusahaan merekrut pria. Faktor utama yang menyebabkan banyaknya wanita karena pekerjaan wanita yang cenderung lebih teliti dan rapi daripada pria.

Lalu tugas utama staff administrasi adalah mendukung semua kegiatan yang dapat melancarkan kegiatan operasional dari suatu perusahaan dengan cara menjamin ketersediaan semua fasilitas yang dibutuhkan oleh kantor. Sedangkan seorang staff administrasi mempunyai tanggung jawab utama yakni.

1. Bertugas untuk menyiapkan ruang kerja serta semua peralatannya.

2. Bertugas untuk memastikan bahwa kantor selalu dapat digunakan dan juga melakukan pengecekan apakah ada gedung yang harus direnovasi.

3. Bertugas untuk mengecek semua arsip, dokumen dan surat (surat masuk atau surat keluar).

4. Bertugas untuk membuat rencana kerja dan juga evaluasi kerja agar dapat mengetahui sejauh mana target perusahaan tercapai.

5. Bertugas sebagai perencana keuangan tahunan tentu saja dalam hal kebutuhan administrasi.

6. Bertugas dalam pengadaan alat tulis kantor dan fotokopi.

7. Bertugas dalam pemeriksaan daftar hadir karyawan yang berfungsi dalam pembagian gaji.

8. Bertugas dalam penentuan rapat dan pertemuan dengan klien.

Beberapa tugas dari administrasi staff dan juga tanggung jawabnya semoga dapat menjadi inspirasi bagi pencari kerja yang berminat menjadi seorang staff administrasi.

Selanjutnya : Memory Eksternal Samsung Galaxy Mini
Sebelumnya: Peran Manager Operasional
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...