Cara Mudah Menggambar dengan Corel Draw


Coreldraw merupakan sebuah software yang berguna untuk membuat objek gambar dengan cara mudah. Meskipun demikian, seseorang baru dapat menggambar dengan corel, seandainya dia telah mengenal program tersebut.

Dalam artikel berikut ini, penulis akan menguraikan cara mudah dan sederhana dalam membuat gambar dengan corel draw. Namun sebelumnya, ada baiknya jika kita mengetahui dan memahami terlebih dahulu beberapa fungsi yang digunakan untuk menggambar.

1. Freehand tool

Freehand tool digunakan untuk membuat garis. Cara menggunakannya adalah dengan menggeser mouse (drag mouse) pada layer atau halaman gambar.

2. Bezier tool

Bezier tool digunakan untuk menggambar garis lurus atau lengkung dengan cara menghubungkan node. Untuk menggambar garis lengkung dapat dilakukan dengan cara menarik node ke arah yang sesuai dengan bentuk lengkung yang kita inginkan.

3. Pen tool

Pen tool mempunyai fungsi yang sama dengan bezier tool. Perbedaannya teletak pada tampilan, dimana garis yang dibentuk menggunakan pen tool akan terlihat langsung ketika kita menarik nodenya.

4. Point curve tool

Point curve tool digunakan untuk membuat garis lengkung dengan metode tiga titik.

5.  Dimension tool

Dimension tool digunakan untuk membuat garis dimensi atau ukuran dari objek yang telah dibuat.

6. Polygon tool

Polygon tool digunakan untuk menggambar objek polygon (segi banyak) atau bintang.

7. Smart drawing tool

Smart drawing tool hanya dapat ditemukan pada coreldraw 12 yang berfungsi untuk menggabar objek dengan cepat dan mampu mengidentifikasi objek-obejk yang kita buat dengan cermat.

Setelah kita memahami semua toolbox yang berguna untuk membuat gambar, kita dapat membuat variasi bentuk, baik gambar sederhana maupun gambar yang rumit sesuai dengan imajinasi kita.

Adapun fungsi-fungsi umum yang lain seperti menyimpan file, membuka file, membuat file baru sama dengan program-program yang lainnya.

Jika ingin menggambar dengan corel kita terlihat lebih indah, kita tinggal mengklik warna yang kita inginkan pada color bar yang telah disediakan. Selamat mencoba dan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Fungsi CPU pada Komputer
Sebelumnya: Contoh Wawancara yang Baik dan Benar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar