Bagaimana Mengobati Tenggorokan Serak secara Aman dan Cepat

Bagaimana cara mengobati tenggorokan serak? Setiap orang pasti pernah mengalami serak pada tenggorokan, bahkan sampai hilang suaranya. Tenggorokan serak bisa terjadi karena beberapa sebab, antara lain karena terlalu banyak bicara atau bernyanyi.

Tenggorokan Serak

Loading...

Kejadian seperti ini sering terjadi pada penyanyi yang sedang mengadakan konser dan harus menyanyikan banyak lagu dengan suara yang keras. Bisa juga terjadi pada sinden yang jadwal kerjanya di malam hari. Tenggorokan serak bisa juga terjadi karena adanya penyakit atau gangguan pada saluran pernafasan atas.

Agar gangguan pada tenggorokan tidak berkepanjangan, Anda perlu mengambil langkah untuk mengobati tenggorokan serak.Di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, yaitu:

• Perbanyaklah minum. Diutamakan minum air hangat, bukan air panas dan juga bukan air dingin atau es.

• Istirahatlah dengan cukup ketika Anda sudah mulai merasa tidak nyaman pada tenggorokan Anda.

• Irit bersuara. Jika bisa dengan suara yang pelan (bukan berbisik), buat apa melengking dan teriak-teriak. Orang yang terlalu sering berteriak akan mudah terkena gangguan pada tenggorokan. Namun juga jangan terlalu sering berbisik karena beban pada tenggorokan saat kita berbisik sama beratnya pada saat berteriak. Jadi, bicaralah yang wajar.

• Kurangi mengkonsumsi rokok dan minuman keras karena mudah sekali memicu sakit pada tenggorokan.

• Kurangi makanan pedas, panas dan berminyak.

• Lakukan olah raga secara rutin di pagi hari agar Anda bisa menghirup udara segar.

• Rajin mengkonsumsi jamu tradisional seperti air perasan kencur, air sirih merah, dan perasan jeruk nipis yang dicampur dengan kecap asin.

• Segarkan udara di rumah Anda, jangan sampai terlalu lembab. Udara yang terlalu lembab juga memicu gangguan pada tenggorokan. Buat ventilasi yang cukup agar siklus atau pertukaran udara di rumah Anda terjaga dengan baik.

Jika serak di tengorokan Anda sudah parah, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter agar diketahui penyebabnya. Karena salah satu gejala dari gangguan pada pita suara adalah ditAndai dengan tenggorokan serak yang terus menerus. Semoga tips singkat tentang mengobati tenggorokan serak ini bermanfaat bagi Anda semua.

Loading...
Selanjutnya : Rasa Berdenyut di Telinga Memiliki Berbagai Makna
Sebelumnya: Jenis Posisi yang Ada di Bank
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar