Cara Praktis Mengolah Kacang Panjang

Bagaimana cara mengolah kacang panjang? Protein sangat dibutuhkan oleh manusia. Manfaat protein bagi kita, yaitu untuk pembentukan sel-sel dan otot kita. Protein ini juga berguna untuk Anda yang tidak ingin cepat gemuk. Mengapa? Oleh karena protein dapat membantu pembentukan otot maka akan membantu pula proses pembakaran lemak pada tubuh kita.

Jika mendengar kata protein, yang terlintas dalam pikiran kita pastilah, “telur”. Bagaimana dengan para vegetarian yang tidak memakan daging dan produk olahannya? Kacang panjang bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Selain karena kacang panjang merupakan sayuran, kacang panjang juga memiliki kandungan gizi yang sangat banyak.

Kacang panjang termasuk dalam jenis kacang-kacangan. Memiliki kandungan protein yang baik untuk kita. Selain kandungan protein yang dapat memenuhi kebutuhan protein nabati manusia dalam setiap harinya, kacang panjang juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan vitamin dan mineral dalam kacang panjang juga sangat banyak, yaitu vitamin B kompleks, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, tembaga, kalium, zink, dan selenium.

Bagaimana cara mengolah kacang panjang? Banyak sekali variasi makanan yang dapat dibuat dari kacang panjang. Bagi Anda yang sibuk, berikut ini adalah masakan olahan kacang panjang yang relatif mudah.

Tumis Kacang Panjang

Bahan:

¼ kg kacang panjang
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
2 buah cabe merah
2 sdm minyak goreng
100 ml air
2 pasang ati dan ampela ayam (jika suka)
garam dan penyedap secukupnya

Cara membuat:

Rajang bawang merah, bawang putih, dan cabe merah. Potong-potong ati dan ampela ayam. Panaskan 2 sdm minyak goreng di atas wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian, masukkan ati dan ampela ayam ke dalam wajan. Aduk sesekali hingga matang. Masukkan kacang panjang yang telah dipotong-potong kira-kira 2 cm. Aduk-aduk sebentar, tambahkan air. Kecilkan api, aduk sesekali hingga air berkurang. Tambahkan cabe merah, aduk-aduk hingga matang. Matikan api, angkat. Hidangkan dengan nasi hangat.

Lalab Kacang Panjang

Jika Anda tidak sempat mengolah kacang panjang dengan cara memasaknya, Anda dapat mengkonsumsi kacang panjang sebagai lalab. Di daerah Jawa Barat, lalab adalah sayuran mentah yang dicuci bersih, kemudian dipotong-potong dan disajikan sebagai “teman” sambal terasi. Jika Anda tidak sempat juga memasak sambal terasi, kini sudah banyak sambal terasi siap makan yang dijual di supermarket.

Loading...
Selanjutnya : Tanya: Menstruasi Dua Kali dalam Satu Bulan, Normalkah?
Sebelumnya: Menghafal Ayat-ayat Suci Al Quran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar