Cara Meningkatkan Mental Murai Batu


Bagi para penggemar burung kicau, nama murai batu pastilah tidak asing lagi. Burung ini memiliki kicauan khas yang merdu. Tak heran jika murai batu menjadi favorit banyak penggemar burung kicau. Ada satu hal yang sering menjadi tantangan dalam memelihara murai batu, yaitu mengenai mental murai batu. Lalu, yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara meningkatkan mental murai batu?

Burung Murai Batu

Murai batu merupakan burung petarung yang hebat. Dalam ajang kontes, burung berekor panjang ini adalah primadona. Kontes berkicau murai batu akan dipenuhi para penggemar burung ini. Murai batu seperti memiliki magis. Magis murai batu terutama pada kicaunya yang indah. Hal tersebut telah menempatkan burung ini dalam jajaran burung klangenan yang memiliki banyak pecinta.

Secara umum, murai batu yang sering dipelihara adalah murai Sumatera, murai Borneo, dan yang menjadi primadona adalah murai Medan. Performa suara murai aduan jantan yang prima menjadi keunggulan dan kebanggaan bagi pemiliknya.

Hampir sama seperti klangenan yang lain, murai juga perlu mendapat asupan yang tepat agar dapat meningkatkan mental bertanding. Pada murai muda, mental bertanding mungkin belum terbentuk sempurna. Di rumah mungkin murai muda ini berkicau dengan bagus dan lantang. Namun saat berada di kontes, murai mendadak menjadi terdiam. Di sinilah mental murai batu harus ditingkatkan.

Ada beberapa cara meningkatkan mental murai batu. Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan memelihara burung berkicau jenis lain. Tujuannya, agar murai batu dapat merasa tertantang dan terlatih mentalnya saat menghadapi intimidasi dari burung lain.

Murai muda sering merasa terintimidasi ketika sampai di tempat kontes. Penyebabnya karena ada murai lain yang berkicau lebih lantang dan lebih tinggi. Dengan memelihara kompetitor jenis lain akan memancing murai batu untuk dapat menanggapi dan mengasah jiwa petarungnya.

Cara lain yang banyak digunakan adalah dengan menggunakan bantuan teknologi audio. Rekaman kicauan murai batu yang dikeraskan dengan speaker aktif bisa jadi cara yang lebih murah dan mudah. Ada juga pemberian pakan protein tinggi, seperti kroto dan jangkrik untuk meningkatkan mental murai batu.

Selanjutnya : Menjadi Fotografer Pemula
Sebelumnya: Kisah Miris di Balik Cerita Pesugihan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar