Mungkinkah Mengalami Menstruasi Saat Hamil?


Pertanyaan ini sering kali menggelitik kita. Apakah mungkin terjadi menstruasi saat hamil? Apakah keluarnya darah saat kehamilan dapat disebut sebagai menstruasi? Apakah kejadian keluar darah saat hamil ini normal? Berbagi pertanyaan itu akan coba diuraikan satu per satu.

Pertanyaan mengenai menstruasi ketika hamil ini banyak sekali diutarakan para kaum wanita. Ada beberapa kejadian, saat hamil wanita mengalami menstruasi. Kondisi ini sebenarnya tidak tepat jika disebut sebagai menstruasi. Karena menstruasi ketika hamil tidak mungkin terjadi.

Menstruasi dan Kehamilan

Menstruasi dan kehamilan merupakan dua hal yang berkaitan. Pertanda seseorang tidak hamil adalah terjadinya menstruasi, sedangkan tidak terjadinya menstruasi juga merupakan pertanda terjadinya kehamilan. Jadi secara sederhana, kedua hal tadi, menstruasi dan kehamilan tidak dapat terjadi dalam waktu yang bersamaan.

Lantas, jika terjadi menstruasi ketika hamil, apa sebenarnya yang terjadi? Kondisi tersebut bukanlah menstruasi, namun dapat disebut sebagai pendarahan. Keluarnya darah saat hamil dapat terjadi karena beberapa hal.

Kondisi pertama, terjadi saat awal kehamilan. Sekitar dua hingga lima hari setelah terjadi pembuahan di ovarium. Darah yang keluar ini terjadi akibat usaha perlekatan ke dinding rahim. Pada proses ini beberapa wanita mengalaminya. Saat embrio telah melekat sempurna ke dinding rahim, pendarahan akan berhenti. Darah yang keluar biasanya hanya berupa bercak. Keluarnya bercak saat kehamilan pertama ini tidak membahayakan kondisi kehamilan.

Pendarahan saat hamil yang lainnya adalah berbahaya. Keluarnya darah saat hamil berarti pendarahan. Jika tidak segera ditangani, pendarahan saat hamil dapat mengancam keselamatan jiwa ibu hamil. Banyak kasus terjadinya pendarahan pada kehamilan disebabkan karena kelelahan fisik.

Beberapa kasus dapat ditangani secara cepat adalah dengan melakukan bedrest sesuai anjuran dokter. Namun sayangnya, ada beberapa juga yang terkadang tidak peduli saat bercak merah mulai muncul. Jika dibiarkan dapat berakibat pada keguguran.

Kehamilan merupakan salah satu fase terpenting dalam kehidupan seorang wanita. Pada masa ini perhatian ekstra pada kondisi diri diperlukan. Jika terjadi menstruasi saat hamil, segera hubungi dokter Anda.

Selanjutnya : Puisi Ibu Chairil Karya Anwar
Sebelumnya: Syarat Usia Hewan Qurban
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar