Solusi untuk Menstruasi Terasa Sakit

Anda mengalami nyeri saat menstruasi? Meskipun kondisi ini memang normal, namun tidak ada salahnya Anda mengetahui penyebab dari dara nyeri tersebut dan solusi untuk mengatasinya. Nyeri menstruasi  atau dismenore adalah sebuah keadaan dimana seorang wanita merasakan nyeri saat haid atau menstruasi.

Rasa nyeri saat haid disebabkan oleh zat prostaglandin yang ada dalam lapisan rahin. Saat terjadinya menstruasi, zat ini akan menimbulkan kontraksi sehingga menimbulkan kram. Zat ini juga membuat darah haid lebih mudah untuk dikeluarkan dan menyebabkan tekanan darah menjadi turun sehingga kepala akan terasa pusing dan tubuh menjadi lemas.

Meskipun hal ini normasl, namun pada beberapa wanita zat ini juga memicu terjadinya kontraksi serta spasme otot  sehingga wanita yang sedang haid juga mengalami diare, mual, dan muntah.  Selain itu, rasa nyeri juga disebabkan oleh adanya peregangan pada leher rahim sebagai akibat dari derasnya aliran darah haid. Meskipun normal, pada beberapa wanita nyeri haid juga disebabkan oleh adanya penyakit seperti kista ovarium, endometriosis, penyakit seksual, dan sebagainya.

Bagaimana cara mengatasi nyeri haid ini? Berikut beberapa cara untuk menghilangkan rasa nyeri pada haid.

  • Menggunakan bantak panas dengan cara menempelkannya pada perut bagian bawah. Jika tidak ada bantal panas, Anda juga bisa mengguankan botol air munim yang diisi air panas. Bungkus botol tersebut dengan kain, lalu tempelkan pada perut.
  • Berbaringlah dengan kaki lebih atas dari perut dan jantung. Bisa juga dengan berbaring miring dan lutut menekuk.
  • Memijat ringan bagian perut bawah dengan cara melingkar.
  • Minum minuman hangat.
  • Berolahraga
  • Mandi dengan air hangat.

Selain solusi di atas, ada juga solusi lain yaitu mengkonsumsi obat seperti obat antiinflamasi nonsteroid dan pil KB. Obat antiinflamasi ini bisa membantu mengurangi pembekuan darah dan pengurangan prostaglandin. Namun, bagi ANda yang mempunyai penyakit maag, sebaiknya berhati-hati karena dapat menyebabkan iritasi lambung. Sedangkan bagi Anda yang ingin hamil tentu saja pil KB bukan pilihan yang tepat.

Demikianlah informasi tentang solusi untuk menstruasi terasa sakit. Semoga dengan adanya informasi ini Anda dapat mempraktikkan beberapa solusi di atas sehingga mengurangi rasa sakit haid Anda.

Loading...
Selanjutnya : Menu Diet Pisang
Sebelumnya: Resep Nasi Goreng Sayur Brokoli Sosis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar