Menu Anak Usia 10 Bulan

Menu anak usia 10 bulan sudah mulai diperkenalkan menu-menu yang biasa dimakan keluarga. Saat sarapan, mulai diperkenalkan nasi beserta lauknya. Nasi bisa diganti dengan sumber karbohidrat lainnya seperti pasta, roti kentang. Untuk lauk pauk sebaiknya mulai diperkenalkan juga. Begitu juga dengan sayur mayur.

Beragam jenis bisa diperkenalkan kepada anak usia 10 bulan. Hanya saja tidak diberikan sekaligus dalam satu waktu. Ada waktu jeda pemberian asupan makanan. Karena, pada usia tersebut, anak masih dalam masa perkenalan dengan berbagai jenis makanan.

Loading...

Pada saat masuk makan siang, pemberian menu hampir sama dengan pada saat sarapan. Nasi ditambah lauk pauk lengkap. Terkadang diberi masakan berbumbu alami seperti masakan semur. Usahakan rasanya tidak terlalu tajam. Aneka masakan lainnya seperti opor, sop, soto bisa diberikan. Ada kalanya diberikan nasi tim lengkap gizi yang terdiri dari nasi, sayur mayur dijadikan satu.

Untuk makan malam sama dengan pemberian menu makan siang. Hanya saja sebelum tidur, ada baiknya diberi susu. Demikian pula pada saat bangun tidur.

Makanan Selingan untuk Menu Anak Usia 10 Bulan

Untuk makanan tambahan, sebaiknya juga diberikan selingan makanan seperti di bawah ini

•    Buah-buahan

Perkenalkan aneka jenis buah-buahan seperti apel, jeruk, melon semangka kepada anak. Tapi, pemberiannya tidak sekaligus dalam satu waktu. Ada jeda waktunya. Biarkan anak mengenal dengan beragam jenis buah-buahan tersebut. Ada kalanya dijumpai menolak semua makanan yang dibiarkan. Barkan saja dulu anak tersebut berbuat seperti.aneka jenis buah-buahan memang terasa aneh bagi lidah anak-anak.

•    Kue

Kue yang berasa manis biasanya sangat disukai anak usia 10 bulan. Jarang yang menolak pemberian kue-kue rasa manis. Oleh karena itu, atur pemberian kue-kue berasa manis seperti ini. Kue basah seperti pudding sangat baik diberikan. Agar-agarnya mengandung serat yang sesuai bagi pencernaan anak.

Tekstur Makanan

Hal yang harus diperhatikan pada masa peralihan menu makanan ini adalah tekstur masakannya. Karena tekstur makanan yang diberikan harus lembut. Susunan giginya belum tumbuh untuk keperluan mengunyah makanan yang bertekstur kasar. Demikian pula dengan sistem pencernaanya yang belum berfungsi normal seperti pada anak usia di atas 1 tahun.

Untuk menyiasati penolakan pemberian makanan sayur mayur. Ketahui menu anak usia 10 bulan yang disukai. Biasanya makanan yang berasa manis. Pada saat memberi makanan manis itu, bisa disisipkan campuran sayur. Cara lainnya, perkenalkan secara dini sayuran berasa manis seperti kentang, wortel dan labu siam.

Memang pengenalan menu baru ini membutuhkan kesabaran karena indera perasa anak juga belum berfungsi layaknya anak di atas usia satu tahun. Demikianlah ulasan mengenai menu anak usia 10 bulan, semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Layanan Internet yang Bisa Digunakan
Sebelumnya: Peluang Bisnis Jasa Pengiriman Barang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar