Menu untuk Penderita Diabetes dan Ginjal

Kesehatan merupakan anugerah yang tidak terhingga, sebab dengan kondisi tubuhnya yang sehat seseorang dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa gangguan yang berarti.

Anda dapat membayangkan, apa yang terjadi pada seseorang yang mempunyai segudang aktivitas namun kondisi kesehatannya tidak baik? Tentunya semua aktivitasnya akan terganggu bukan? Sebenarnya banyak cara dapat dilakukan oleh seseorang agar kondisi tubuhnya tetap prima.

Loading...

Selain dengan berolahraga yang teratur, adalah dengan menjaga pola makan yang baik. Dalam artikel berikut ini, penulis akan memberikan contoh menu untuk penderita diabetes dan ginjal.

Diabetes

Ada dua macam penyakit diabetes, yaitu diabetes mellitus (kencing manis dan diabeten insipidus (urine yang sangat encer). Diabetes mellitus terjadi karena adanya peningkatan kadar gula dalam darah yang diakibatkan oleh penurunan jumlah hormon insulin yang diproduksi oleh kelenjar pankreas.

Sedangkan diabetes insipidus terjadi karena adanya penurunan jumlah hormon antidiuretik sehingga urine yang dikeluarkan sangat encer.

Beberapa bahan makanan yang dapat dijadikan menu yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes antara lain sebagai berikut:

1. Menu untuk penderita diabetes mellitus

–    Beras merah
–    Shorgum
–    Oats
–    Putih telur
–    Ikan tuna
–    Sayuran segar
–    Bawang merah, bawang putih
–    Susu rendah lemak, dan lain-lain

Catatan : hindari penggunaan beras putih, buah-buahan yang terlalu manis, serta makanan yang asin.

2. Menu untuk penderita diabetes insipidus

Penderita diabetes insipidus disarankan untuk memperbanyak konsumsi kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan segar, ikan, daging ayam, tahu, dan tempe.

Catatan : hindari menu makanan seperti nasi, kentang, singkong, daging merah, kuning telur, keju, susu tinggi lemak, makanan beralkohol, dan lain-lain.

Ginjal

Penyakit ginjal sering diartikan terganggunya fungsi ginjal sehingga fungsi-fungsi ekskresi tidak berjalan dengan baik. Beberapa makanan yang dapat dijadikan menu bagi penderita penyakit ginjal antara lain :

–    Buah-buahan segar seperti apel, plum, jeruk, strawberi, dan lain-lain
–    Roti yang terbuat dari gandum atau jagung
–    Susu rendah lemak
–    Youghurt
–    Telur terutama bagian putih telur
–    Ikan laut yang dimasak dengan cara direbus
–    Daging unggas terutama bagian dada
–    Dan lain-lain

Semoga artikel tersebut memberikan manfaat. Amin

Loading...
Selanjutnya : Contoh Beberapa Karya Tulis Ilmiah PDF
Sebelumnya: Unsur Aspek Sosial Negara Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar