Tips Menulis Resensi Fiksi


Banyaknya buku fiksi yang beredar di masyarakat terkadang membuat pembaca bingung memilih buku apa yang ingin dia baca atau buku apa yang sedang diperlukannya. Penulis yang menulis resensu fiksi dari sebuah buku sangat membantu pembaca untuk memberikan gambaran secara umum mengenai isi sebuah buku. Hal itu menjadi sebuah informasi berharga bagi pembaca sebagai bahan pertimbangan untuk membeli dan membaca buku tersebut.

Dengan membaca resensi fiksi terlebih dahulu biasanya akan lebih memudahkan mengetahui isi buku bercerita mengenai apa, kebihan buku tersebut apa, mengetahui penulisnya siapa, penilaian lain mengenai isi buku, dan kelayakan buku tersebut untuk dibaca.

Dari sekian banyak penulisan resensi, ada banyak resensi buku fiksi yang ditulis. Selain mungkin memang banyak buku-buku fiksi yang kini beredar di pasaran, sebagian sebagai alat promosi. Resensi fiksi banyak dibaca orang karena biasanya pembaca biasanya tertarik membaca resensi buku fiksi karena didukung oleh rasa penasaran isi cerita dari buku tersebut, sehingga dengan adanya resensi dan jika isi resensinya menarik maka ia tidak segan untuk membacanya.

Buku fiksi banyak dibaca, sebab selain sebagai ilmu pengetahuan juga sebagai bacaan hiburan di sela rutinitas yang padat dan di sela bacaan-bacaan lainnya yang menuntut untuk berpikir dalam. Karena itu diperlukan teknik menulis resensi yang cukup baik untuk menghasilkan resensi yang menarik dan berhasil mengajak pembaca untuk membeli buku tersebut untuk melanjutkan membaca isi buku tersebut.

Berikut beberpa tips menulisĀ  resensi fiksi, di antaranya sebagai berikut, baca terlebih dahulu buku yang akan dibuat resensinya. Setiap ada bacaan yang menarik catatkan di catatan kecil yang selalu dibawa. Setelah selesai dibaca, buat sebuah pendahuluan dengan kata-kata yang menarik. Buat ringkasan cerita dengan singkat, jelas, padat, dan tentu saja menarik, buat supaya pembaca penasaran dengan kelanjutan ceritanya.

Cantumkan beberapa kutipan pendek yang akan membuat pembaca lebih penasaran lagi dengan cerita lainnya. Berikan pendapat dengan mendalam mengenai buku tersebut, kelemahannya dan kelebihan buku tersebut secara kritis. Buat kesimpulan semenarik mungkin. Sebagai bahan pertimbangan terakhir kepada pembaca supaya mau membaca dan membeli buku tersebut.

Menulis resensi fiksi bisa menjadi pekerjaan yang menyenangkan, selain Anda bisa membaca buku yang Anda sukai, Anda juga bisa mengajak orang untuk membacanya juga dan membelinya.

Selanjutnya : Peradaban Cina terhadap Peradaban di Indonesia
Sebelumnya: Sejarah Perkembangan Virus Dan Manfaatnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar