Menyusun Makalah Lingkungan Kota dan Permasalahannya

Makalah lingkungan kota dan permasalahannya merupakan karya ilmiah yang menarik. Karena kota sebenarnya adalah sumber dari masalah kompleks.  Terutama kota metropolitan seperti Jakarta.

Makalah yang baik adalah menyajikan penilitian dengan permasalahan yang memiliki nilai urgenitas tinggi. Seperti masalah kesehatan, banjir, konflik antar masyarakat, atau antar pemangku kepentingan.

Pengertian Makalah

Makalah merupakan karya tulis ilmiah yang bersifat mengutarakan masalah sesuai dengan bingkai si penulis. Makalah ini ditulis untuk disampaikan pada sebuah forum diskusi, seminar yang dihadiri oleh praktisi dan mahasiswa serta tamu umum.

Makalah bersifat pemaparan yang berisikan masalah-masalah beserta solusi yang ditawarkan.  Setelah makalah di sampaikan di forum diskusi, maka muncul berbagai tanggapan dan opini dari peserta diskusi.

Makalah juga merupakan salah satu syarat untuk memenuhi kelulusan program study. Misalnya pada mahasiswa S 1 semester akhir, sebelum mengambil sekripsi, mereka wajib menyusun makalah ilmiah guna dipresentasikan didepan dosen dan mahasiswa lainnya.

Lingkungan Kota dan Permasalahannya

Makalah lingkungan kota dan permasalahannya bisa dijadikan topic makalah dibidik dari berbagai bingkai disiplin ilmu seperti kesehatan, humanisme, sosial politik dan lingkungan hidup.

Berikut ini merupakan deretan tema yang paling popular dijadikan karya ilmiah :

•    Kesehatan Kaum Marjinal

Kesehatan masyarakat marjinal merupakan masalah besar yang harus ditangani. Kaum marginal merupakan orang-orang yang terpinggirkan karena kalah bersaing dengan kaum elit. Mereka kebanyakan tinggal di perkampungan kumuh, sumpek dan jauh dengan sanitasi yang buruk.   Tentu mereka bermasalah dengan kesehatannya.   Perlu penangan dari pemerintah daerah. Kalau perlu masalah ini menjadi agenda utama program pembangunan kota.

•    Pencemaran /Polusi

Tema menarik lainnya adalah pencemaran lingkungan perkotaan.  Di kota metropolitian seperti Jakarta, Surabaya dan kota besar lainnya. Mempunyai masalah besar berupa pencemaran lingkungan.  Polusi udara masuk dalam rangking tertinggi daftar masalah lingkungan hidup, kemudian polusi air dan sampah.

Dari polusi udara saja, dampak buruknya pada kesehatan sudah menjadi masalah besar. Seperti penyakit ISPA, atau gangguan pernafasan.  Polusi udara disebabkan dari asap yang dikeluarkan oleh jutaan kendaraan bermotor yang setiap hari melintas.

•    Urbanisasi

Masalah berikutnya adalah urbanisasi. Masalah ini sampai sekarang sulit ditekan angkanya.  Setiap tahun ribuan orang datang ke kota besar untuk mengadu nasib. Kota besar menjadi oase yang menarik perhatian orang daerah untuk dijadikan tempat usaha. Padahal kehidupan di kota metropolitan persaingan sangat ketat. Orang yang tersisih ini berpotensi menimbulka masalah besar.

Demikianlah sekilas tentang mencari topic, Makalah lingkungan kota dan permasalahannya.

Loading...
Selanjutnya : Puisi Laut dengan Keluasan Makna di Dalamnya
Sebelumnya: Mengenal Istilah dalam Biologi dan Artinya Masing-masing
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar