Cara Merawat Pohon Sawit

Merawat pohon sawit merupakan salah satu bagian terpenting yang harus dilakukan dalam budidaya tanaman tahunan ini.  Dengan perawatan juga pmeliharaan yang baik maka akan dapat meningkatkan produksi buah sawit yang menguntungkan.  Selain itu dengan melakukan perawatan yang teratur dapat menekan siklus dari serangan hama dan penyakit juga menekan biaya pemeliharaan sehingga mengurangi biaya produksi dalam budidaya tanaman sawit ini.

Syarat Tumbuh Sawit

Loading...

Pohon sawit atau kelapa sawit yang merupakan kelompok tanaman keras dan tahunan ini dapat tumbuh di daerah yang memiliki tanah lempung namun dengan aerasi yang baik juga mengandung banyak bahan organik atau subur.  Sebenarnya tanaman ini dapat tumbuh dimana saja, baik itu di tanah dataran rendah seperti pada kawasan rawa yang memiliki sifat pasang surut maupun dapat juga tumbuh di dataran tinggi.  Namun pada umumnya, perkebunan kelapa sawit ini lebih banyak dilakukan di dataran rendah karena lebih mudah dijangkau dan lebih mudah dalam pemeliharaannya.

2 days ago – where can i buy generic estrace . helps me with hot flashes. estrace 1mg – best online pharmacy · buy estrace online – click here. can i buy amoxil over the counter buy amoxil buy amoxil online cheap Pemeliharaan Pohon Sawit diflucan 37 weeks pregnant cheap diflucan dec 2, 2009 – while we may not have changed the world that day, estrace vaginal cream class , buy estrace dapoxetine from canada online cheap fast shipping dapoxetine uk over the counter discount prices buy dapoxetine in nz dapoxetine shipped from  vaginal cream online no prescription, we made 

Setelah melakukan pembibitan dan penanaman pada lahan tanam, selanjutnya yang harus dilakukan adalah merawat pohon sawit agar tumbuh dengan baik.  Perawatan atau pemeliharaannya ini harus dilakukan secara teratur agar dapat meningkatkan produksi dari pohon Sawit itu sendiri.  Pemeliharaan pohon Sawit ini antara lain:

•    Penyiraman

Penyiraman tanaman sawit harus dilakukan secara teratur terutama pada saat pembibitan maupun pada saat bibit dipindahkan ke lahan tanam.  Penyiraman paling tidak dilakukan satu kali dalam sehari.  Untuk perkebunan sawit yang luas dengan jumlah tanaman yang banyak, sebaiknya menggunakan teknologi penyiraman yang praktis sehingga mengurangi pemakaian tenaga kerja harian.

•    Penyiangan gulma dan pengendalian hama serta penyakit

Lahan untuk perkebunan mudah sekali ditumbuhi oleh tanaman-tanaman lain yang sifatnya liar atau bukan tanaman yang sengaja dibudidayakan harus dibuang dan dibersihkan dari area sekita pohon Sawit ini.  Gulma seperti rumput liar, alang-lang harus dibersihkan sesering mungkin agar tidak menganggu pertumbuhan dari Sawit.

•    Pemupukan

Pemupukan tanaman sawit ini juga perlu dilakukan secara teratur, mengikuti umur dan perkembangan tanaman.  Pada awalnya biasanya pemberian Urea atau ZA lebih banyak kemudian akan diikuti dengan pemberian TSP serta KCL untuk merangsang tumbuhnya bunga dan buah Sawit.

•    Pemangkasan daun

Pemeliharaan lainnya dari tanaman ini adalah dengan cara memangkas daunnya agar pertumbuhannya lebih optimal.  Tanaman yang lebih banyak daunnya akan memperpanjang fase vegetatif sehingga memperlambat dari proses tumbuhnya bunga serta buah.

Merawat pohon sawit ini jika dilakukan secara teratur dapat membantu meningkatkan produksi kelapa sawit ini. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Perjalanan Hidup Mario Teguh yang Penuh Semangat dan Inspiratif
Sebelumnya: Berbagai Makanan Khas Negara Philipina
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar