Tips Menjalin Hubungan antara Mertua dan Menantu

Ikatan yang terjalin antara mertua dan menantu memang bukan hal yang baru lagi. Dalam kehidupan nyata, banyak sekali ditemukan hubungan antara menantu dan mertua yang tidak baik. Salah satu masalah yang sering timbul dalam hidup berumah tangga yaitu hubungan  antara menantu wanita yang kurang cocok dengan ibu mertua.

Pertikaian Antara Menantu Wanita dan Ibu Mertua

Hubungan yang sering terjadi antara ibu mertua dan menantu wanita yang tinggal dalam satu rumah, biasanya akan timbul hubungan yang  kurang harmonis.

Perasaan yang tidak terbuka, karena hal-hal sepele yang terjadi dan tidak sesuai dengan perasaan, lalu tidak diutarakan dengan baik, semakin lama akan semakin menumpuk sehingga menimbulkan perasaan yang mengganjal. Jika hal ini terjadi terus menerus akan mengakibatkan hubungan yang tidak baik antara menantu dan mertua.

Selain hal-hal tersebut, masih ada faktor-faktor yang menjadi dasar pemicu terjadinya pertikaian antara menantu dengan ibu mertua. Biasanya awal mula masalah timbul sebelum terjadi rasa kurang cocok. Ketidakcocokan ini bisa disebabkan karena perasaan ibu yang merasa kehilangan sosok anak laki-laki yang disayang dan harus menerima kenyataan bahwa anak laki-lakinya sudah menjadi suami orang lain.

Hal ini bisa menimbulkan masalah baru dengan menantu. Kemudian, karena memang sudah dari sejak awal ibu mertua yang tidak suka dan harus terpaksa menerima kehadiran dari menantu karena anaknya. Hal ini juga bisa menimbulkan pertikaian yang sangat luar biasa antara menantu dan mertua.

Tips Harmonis Antara Menantu dan Mertua

Hubungan antara menantu dan mertua memang sangat rumit, akan tetapi perlu adanya sikap yang harus dilakukan oleh menantu agar hubungan yang terjalin antara menantu dan mertua dapat kembali membaik yaitu sebagai berikut:

a. Seorang menantu harus sering melakukan komunikasi yang baik dengan ibu mertua.

b. Seorang menantu harus memperlihatkan perhatiannya terhadap ibu mertua.

c. Antara menantu dan mertua harus membiasakan terjadinya perasaan yang terbuka, jika ada hal yang kurang cocok sebaiknya diselesaikan dengan baik.

d. Jika terjadi pertikaian, lebih baik menantu langsung minta maaf dengan ibu mertua.

e. Seorang menantu harus selalu memperlihatkan rasa hormat dan menghargai ibu mertuanya.

f. Sebaiknya seorang menantu harus selalu peduli dan bersikap baik dengan ibu mertua.

Demikian informasi yang menjelaskan tentang tips agar tetap menjaga hubungan yang harmonis antara mertua dan menantu. Semoga informasi ini dapat membantu Anda agar tetap disayang oleh mertua. Terima kasih.

Selanjutnya : Pentingnya Teknik Mengolah Vokal pada Mikrofon
Sebelumnya: Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...