Mesin Cuci Mobil – Membuka Usaha Cuci Mobil


Mesin cuci mobil pasti erat kaitannya dengan mobil. Kehidupan ekonomi masyarakat yang mulai membaik, melahirkan orang kaya baru (OKB). Mereka satu per satu mulai berpikir untuk memiliki mobil sendiri. Baik hanya untuk sekedar menaikkan gengsi atau prestise. Maupun sebagai sumber pendapatan baru, yakni usaha rental mobil. Kondisi ini, bagi mereka yang berjiwa bisnis merupakan sumber ide untuk membuka lahan bisnis baru. Yakni membuka usaha cuci mobil. Ini merupakan usaha yang cukup perspektif. Apalagi, semakin lama jumlah pemilik kendaraan roda empat ini akan semakin banyak. Sangat sayang untuk melewatkan peluang usaha ini.

Nah, Anda tertarik untuk membuka usaha tempat pencucian mobil? Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan.

Memilih Tempat yang Strategis

Pilih tempat di area yang ramai dan dekat dengan jalan raya. Hal ini bertujuan agar usaha Anda mudah dilihat dan cepat dikenal oleh calon konsumen. Lebih baik lagi jika Anda memasang papan nama di depan tempat usaha.

Modal

Sediakan modal yang cukup untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan usaha Anda nantinya, seperti:

  1. Modal awal untuk membuka usaha seperti mengurus perizinan, sarana dan prasarana cuci mobil, dan lain-lain.
  2. Modal kerja untuk membiayai operasional usaha. Seperti biaya tenaga kerja, listrik, air, dan lain-lain.
  3. Modal pembelian berbagai bahan-bahan perawatan body mobil seperti sampo mobil dan sejenisnya.

Mesin Cuci Mobil dan Peralatan Lainnya

Anda perlu mempersiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini. Seperti mesin cuci, selang air, mesin pengering, dan lain sebagainya. Pelajari apa-apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini. Kemudian beli bahan-bahan tersebut sesuai dengan kebutuhan awal usaha Anda. Minta rekomendasi dari orang-orang yang sudah berpengalaman tempat penjualan yang menyediakan peralatan tersebut secara lengkap dengan harga yang murah.

Tenaga Kerja

Mungkin Anda membutuhkan tenaga kerja ahli dalam bidang ini agar usaha Anda bisa memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan.

Izin Usaha

Mengurus izin usaha bisa dilakukan secara bertahap. Pada tahap awal, Anda bisa mengurus izin dari RT/RW atau pemerintahan setempat. Selanjutnya, seiring dengan perkembangan usaha, sebaiknya Anda mulai mengusahakan izin usaha yang lebih tinggi. Seperti mengurus akte notaris agar usaha Anda diakui dan berbadan hukum.

Demikian beberapa hal yang penting dipersiapkan untuk membuka usaha tempat cuci mobil. Namun, hal terpenting dari semua itu adalah kesiapan mental Anda dalam memulai usaha. Semua sarana dan prasarana penunjang, termasuk mesin cuci mobil menjadi tidak berarti jika mental Anda belum siap untuk membangun usaha.

Selanjutnya : Keberadaan Doa Niat Salat Fardhu
Sebelumnya: Kandungan Gizi dari Telur
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar