Metode Analisis Data


Dalam metode analisis data memiliki dua jenis metode yakni metode kualitatif dan metode kuantitatif. Setiap metode memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Berdasarkan pengertiannya metode kuantitatif yaitu dalam pengumpulan data menggunakan alat statistik atau angka yang didasarkan pada dasar statistik.

Dan pengertian dari metode kualitatif yaitu pengumpulan data yang didasarkan pada penafsiran yang diuraikan oleh setiap individu. Jika terdapat sebuah angka atau data statistik pada metode kualitatif hanya sebagai penunjang data.

Metode kualitatif memiliki ciri yakni memperhatikan wujud dan gejala dari pola kehidupan dalam masyarakat. Analisis yang digunakan untuk memperoleh sebuah data yakni gejala sosial dan budaya dalam masyarakat tersebut. dan menghasilkan sebuah pola-pola yang dianalisis dalam sebuah teori yang obyektif.

Dalam metode ini seseorang bisa semakin dekat dan mengerti pola atau budaya yang dimiliki oleh suatu masyarakat tertentu. Sehingga kedekatan sosial semakin terjamin dan dapat mengurangi konflik sosial pada masyarakat.

Cara untuk menempatkan sebuah metode dalam melakukan penelitian sebenarnya sangat mudah apalagi untuk membedakan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Jika masih belum bisa, langkah awal Anda harus menentukan tujuan penelitian, barulah menentukan jenis metode yang akan digunakan.

Jika metode tersebut sudah sesuai, praktis dan aman untuk digunakan maka tidak perlu berpikir panjang untuk menggunakannya. Karena hal itu dapat mengubah pola pikir Anda menjadi tidak baik. Apabila Anda masih ragu dengan metode yang akan Anda gunakan lihatlah beberapa contoh yang mudah Anda mengerti.

Seperti contoh pada buku-buku ternama atau surat kabar yang sering Anda jumpai. Karena metode ini merupakan metode yang sangat sering digunakan oleh banyak orang dalam melakukan sebuah penelitian.

Dalam penggunaan metode analisis data juga harus konsisten dan jelas. Hal ini bertujuan agar tidak menjadi pertanyaan besar bagi dosen penguji kita nantinya, yang tentu akan merugikan kita sendiri.

Penggunaan dan kemunculan metode yang akan kita pakai, biasanya akan lebih dominan muncul di bab IV atau bab analisis. Tapi itu semua juga tergantung Anda mengenai pembagian bab-babnya, karena terkadang setiap jurusan atau bidang ilmu memiliki perbedaan dalam pembagian bab. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Jenis Metode Analisis Penelitian
Sebelumnya: Apa Kegunaan Skype?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar