Jenis Metode Analisis Penelitian


Jenis metode analisis penelitian secara umum yang dapat digunakan di dalam suatu penelitian ada dua macam yaitu analisis data secara kualitatif dan analisis data secara kuantitatif. Perbedaan dari kedua jenis metode analisis ini berdasarkan pada penggunaan data yang digunakan untuk penelitian.

Kualitatif

Metode analisis data secara kualitatif adalah suatu metode penelitian yang menggunakan data berdasarkan tabel, grafik atau angka yang telah tersedia. Kemudian data tersebut dilakukan penguraian dan penafsiran. Hasil dari menganalisa data akan diperoleh gambaran yang berurutan tentang suatu kejadian atau peristiwa.

Kuantitatif

Metode analisis data secara kuantitatif adalah suatu metode penelitian yang menggunakan suatu alat statistik. Analisis data yang menggunakan alat statistik harus berdasarkan pada dasar-dasar statistik.

Alat statistik yang digunakan ada dua macam yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Apabila ditinjau dari jumlah variabel yang dianalisis yaitu analisis univariat menggunakan 1 variabel, analisis bivariat menggunakan 2 variabel dan analisis multivariat yang menggunakan 3 variabel atau lebih.

Pemilihan Metode

Pemilihan metode analisis yang akan digunakan dapat mempertimbangkan kesesuaian metode dengan penelitian, kehandalan metode, kepekaan metode, kemudahan metode, kepraktisan dan keamanan. Metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif analisis data berdasarkan kebudayaan masyarakat dan hasilnya dianalisis dengan teori yang objektif.

Sedangkan penelitian dengan pendekatan kualitatif akan mengungkapkan gejala yang ada di dalam masyarakat secara sistematis dan memberikan kejadian yang sebenarnya sehingga tidak dapat ditolak kebenarannya.

Beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan untuk memilih metode analisis penelitian yaitu sampel yang digunakan, lama waktu yang dibutuhkan, tingkat penelitian yang diharapkan, peraturan yang ada, keberadaan prosedur penelitian dan biaya yang dibutuhkan untuk proses penelitian.

Hasil analisis penelitian tergantung dari kemampuan peneliti untuk menghasilkan suatu pemecahan masalah yang bermutu. Metode analisis penelitian hanya merupakan sebuah alat bantu untuk memecahkan masalah yang akan diteliti. Walaupun metode analisis yang digunakan sangat canggih belum tentu dapat memberikan hasil penelitian yang memuaskan.

Pengolahan data penelitian akan memperoleh hasil penelitian yang bermutu dan berbobot apabila peneliti mampu menggunakan metode analisis yang tepat dan cermat. Jenis metode analisis penelitian yang digunakan dengan tepat akan menambah mutu dari hasil penelitian tersebut dan berguna bagi masyarakat luas.

Selanjutnya : Karya Tulis Rokok dan Pengaruhnya terhadap Kesehatan
Sebelumnya: Metode Analisis Data
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar