Metode Dalam Ilmu Pemerintahan


Metode dalam ilmu pemerintahan adalah cara untuk memperoleh dari hasil belajar mengenai pemerintahan. Ada berbagai cara untuk mendapatkan ilmu pemerintahan saat ini. Dalam melakukan proses pembelajarannya yang dilihat adalah pemerintah atau bangsa, masyarakat, hubungan kerakyatan, wilayah atau daerahnya dan ilmu pemerintahan itu sendiri.

Ilmu itu sendiri adalah alat untuk mencapai suatu tujuan. Ilmu itu sendiri memiliki ciri-ciri untuk memperoleh ilmu tersebut yaitu empiris, rasional, sistematis, obyektif, analisis, dan verifikatif. 

Manfaat dari ilmu pemerintahan itu ialah untuk menjelaskan masalah yang berkaitan tentang pemerintahan agar bisa mengetahui faktor penyebabnya. Jika ilmu tersebut adalah salah satu alat kontrol, maka ilmu tersebut dapat mengontrol masyarakat untuk memberikan jalan keluar terbaiknya.

Dalam etika untuk mendapatkan ilmu pemerintahan tersebut kita telah terikat oleh nilai dan norma yang ada. Karena negara Indonesia merupakan negara yang telah menganut nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Nilai tersebut seperti nilai sosial, nilai budaya, nilai agama dan masih banyak lagi jenisnya.

Karena itu seseorang memiliki hak untuk belajar mengenai ilmu pemerintahan di suatu negara seperti Indonesia. Yang tujuannya agar dapat mengontrol dan memperbaiki pemerintahan di negara tersebut agar lebih baik lagi. Seperti saat ini yang sedang terjadi di Indonesia adalah masalah KKN, maka masyarakat bisa mengangkat suara melalui badan pemerintahan di daerah ia tinggal.

Karena DPR adalah seorang wakil rakyat yang wajib mendengarkan aspirasi dari rakyatnya. Itulah sebabnya jika seorang pemimpin tidak mampu melayani masyarakat dengan baik.

Maka negara tersebut tidak akan pernah bisa baik dan menjadi negara yang memiliki tingkat toleransi yang sangat tinggi. Di Indonesia sangat menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama, suku, adat, dan budaya karena itu mereka memiliki jumlah penduduk di wilayah itu.

Pentingnya kita memahami metode dalam ilmu pemerintahan sebagai generasi muda. Hal ini sangat beralasan karena generasi muda adalah penerus bangsa yang nantinya akan meneruskan tongkat estafet untuk membawa negara Indonesia ke arah yang lebih baik, atau lebih buruk. Tentu kita berharap Indonesia menjadi lebih baik dari sekarang ini. Semoga.

Selanjutnya : Kemudahan dan Kendala Situs Translate Bahasa Jawa Online
Sebelumnya: Susunan Proposal Yang Sistematis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar