3 Jenis Metode Dalam Pembelajaran Di SD


Mengajar siswa SD memberikan tantangan tersendiri, misalnya dibutuhkan kesabaran ekstra, strategi yang baik dan terencana dalam pengajaran, dan yang terpenting adalah cara atau metode dalam pembelajaran di SD yang berbeda dengan metode pembelajaran pada jenjang pendidikan sesudahnya.

Pada dasarnya guru harus memahami terlebih dahulu karakteristik siswa SD yang masih senang bermain sehingga diperlukan metode pembelajaran  yang sesuai sehingga materi pembelajaran bisa tersampaikan dan diterima dengan baik oleh para siswa.

Yang dimaksud dengan metode pembelajaran adalah suatu cara dalam pendekatan, teknik dan metode dalam pembelajaran yang disajikan secara khasoleh guru untuk menyampaikan materi ajarnya kepada siswa. Metode pembelajaran ini sebenarnya bersifat khas, yang sangat dimungkinkan berbeda di setiap tahun dan generasi.

Karena pada prinsipnya metode pembelajaran mengikuti karakteristik siswa secara keseluruhan, sehingga diharapkan siswa bisa mengerti dan memahami setiap pelajaran yang diberikan.

Sebenarnya terdapat banyak sekali metode pembelajaran dalam dunia mengajar, namun khusus untuk pembelajaran siswa SD setidaknya terdapat 3 jenis metode pembelajaran yang cocok untuk diterapkan yakni sebagai berikut:

1. Metode Fun Learning

Sesuai dengan namanya metode ini lebih menekankan pada proses menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan. Karena jika suasana belajar terasa menyenangkan, maka siswa bisa lebih mudah berkonsentrasi, menerima dan memahami hal-hal yang diajarkan oleh guru. Maka penting bagi guru untuk kreatif dan terampil dalam menciptakan suasana menyenangkan di dalam kelas.

2. Metode Simulasi

Metode pembelajaran ini lebih mengutamakan penyampaian materi ajar kepada anak dengan cara mensimulasikannya atau memeragakannya dalam berbagai bentuk. Misalnya situasi dalam kehidupan sehari-hari anak dijadikan sebagai contoh dalam menyampaikan suatu materi ajar. Bisaanya anak akan lebih mudah memahami materi, karena hal itu dikaitkan dengan peristiwa yang bisaa dialaminya dalam sehari-hari.

3. Metode Role Playing

Sesuai namanya metode ini bisaanya dilakukan saat guru ingin menyampaikan materi untuk penanaman akhlak atau moral kepada siswa didik. Dilakukan metode role playing atau bemain peran untuk memerankan tingkah laku seseorang yang kemudian dibahas dan didiskusikan bersama mengenai tingkah laku yang diperankan.

Metode dalam pembelajaran di SD sangatlah unik, karena guru dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan materi sehingga siswa bisa memahami dan menerima materi yang disampaikan dengan baik.

Selanjutnya : Berbagai Jenis Peralatan Mancing di Laut
Sebelumnya: Info Nama-Nama Keren Yang Diawali Soni
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar