Pemecahan Suatu Masalah Sesuai dengan Metode Ilmiah


Mengetahui pemecahan suatu masalah sesuai dengan metode ilmiah bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan proses yang cukup panjang untuk hal tersebut. Metode ilmiah atau yang biasa disebut dengan proses ilmiah adalah proses yang harus dilalui untuk mendapatkan pengetahuan secara sistematis sesuai dengan bukti fisik. Metode ilmiah biasa digunakan oleh ilmuwan untuk menyimpulkan fenomena alam. Prediksi yang berhasil dibuat biasanya akan diuji dengan sebuah eksperimen.

Adalah filsuf dari Yunani, yang bernama Aristoteles yang telah menemukan cara kerja ilmu pengetahuan untuk pertama kalinya. Ia menyimpulkan bahwa penelitian ilmiah merupakan kelanjutan dari beberapa observasi empiris ke prinsip umum yang kemudian dilanjutkan ke observasi. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa inti metode ilmiah yaitu kondisi dimana seseorang bisa berpikir analistis, logis, dan juga sesuai kenyataan atau empiris.

Nah, agar sampai pada pemecahan suatu masalah sesuai dengan metode ilmiah, Anda harus melalui langkah-langkah yang akan dibahas dalam artikel ini.  Unsur terpenting dalam metode ilmiah terdiri atas pengulangan beberapa langkah berikut ini :

Pengamatan dan pengukuran (karakterisasi)

  • Menjelaskan dugaan dari hasil pengukuran dan juga pengamatan (hipotesis)
  • Prediksi
  • Pengujian atau ekperimen

Karakteristik dari metode ilmiah sendiri, diantaranya :

  • Kritis analitis yang menunjukkan bahwa terdapat proses yang tepat guna mengidentifikasi masalah dan juga menentukan

Bagaimana metode untuk pemecahan suatu masalah.

  •  Logis yang bisa menunjukkan argumentasi secara ilmiah
  •  Obyektif yang bisa ditiru oleh ilmuwan pada study dan juga kondisi yang sama.
  • Konseptual yang artinya penelitian yang dilakukan sesuai dengan teori dan pengembangan konsep sehingga hasilnya bisa dipertanggungjawabkan.
  • Empiris yang artinya merupakan metode yang biasa digunakan sesuai dengan fakta yang terdapat di lapangan.

Sedangkan langkah-langkah dari metode ilmiah sendiri adalah : Membuat Rumusan Masalah, Membuat Kerangka Teori, Menyimpulkan Teori, Menjalankan Eksperimen, Mengolah dan juga Menganalisa data yang ada, Menyimpulkan, Memublikasikan HasilPenelitian. Namun selain itu, ada hal lain yang patut diperhatikan, misalnya masalah tentang adanya keterkaitan antara sejumlah variabel yang ternyata bisa diuji dan juga dipecahkan.

Caranya adalah dengan menyusun dalam bentuk pertanyaan yang padat, singkat, dan jelas. Demikian informasi tentang pemecahan suatu masalah sesuai dengan metode ilmiah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Selanjutnya : Membaca Komik di Situs Komik Online Bahasa Indonesia
Sebelumnya: Mengenal Provinsi Terkaya di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar