Metode-Metode Kesuburan Tanah Agar Tetap Terjaga


Tanah merupakan bagian yang sangat penting bagi makhluk hidup. Manusia hewan dan tumbuhan sangat membutuhkan tanah untuk kelangsungan hidupnya.

Oleh karena itu kelestarian dan kesuburan tanah harus kita jaga dengan baik. Berikut ini metode-metode kesuburan tanah yang dapat dilakukan agar tetap terjaga.

Untuk daerah pedesaan yang masih terdapat pesawahan, dapat memanfaatkan jerami sisa hasil panen. Setelah panen padi selesai, manfaatkan jerami sebagai penyubuh tanah, caranya dengan menyebarkan jerami pada lahan secara merata, setelah itu taburkan serbuk dolomit di atas sebaran jerami tadi.

Dolomit berfungsi untuk mempercepat proses pembusukan pada jerami serta menjaga nilai pH tanah. Diperlukan waktu sekitar seminggu untuk tanah agar dapat ditanami atau diolah kembali. Jerami yang tidak sempat membusuk bisa dikubur dan akan menjadi pupuk alami yang baik.

Sementara di daerah perkotaan, hal yang bisa dilakukan di antaranya adalah dengan membuat lubang-lubang biopori. Lubang biopori fungsinya adalah sebagai lubang resapan air.

Cara membuatnya adalah, dengan cara melubangi tanah dengan posisi tegak lurus, diameternya kira-kira 10-20 cm dan kedalaman mencapai satu meter. Lubang ini dibuat beberapa buah, bisa dibuat di halaman rumah. Jarak antara lubang sekitar 50-100 cm.

Disarankan setiap 20 m2 bangunan terdapat setidaknya 3 buah lubang biopori, dan setiap bangunan bertambah 7 m2 luasnya tambahkan pula satu lubang biopori.

Agar lubang ini tahan lama isilah dengan sampah organik, sampah ini berfungsi sebagai pupuk kompos yang akan membusuk dalam kurun waktu 2-3 bulan. Lubang biopori ini juga dapat dijadikan salah satu alternatif solusi penananganan banjir.

Pada lahan kritis, upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penanaman tumbuhan Crotalaria juncea (orok-orok). Tubuhan ini memiliki akar yang dapat mengikat nitrogen dengan baik dan unsur-unsur hara lain sehingga dapat membuat tanah menjadi subur. Batang dan daun tanaman ini sangat baik untuk pupuk kompos, selain itu bijinya memiliki potensi sebagai bahan biofuel.

Demikian metode-metode kesuburan tanah yang dapat dilakukan di beberapa lokasi lahan. Pentingnya tanah bagi kehidupan kita sudah semestinya menjadikan kita lebih peduli akan kelestarianya, bukan hanya untuk kita saat ini, tapi juga untuk anak cucu kita di masa depan.

Selanjutnya : Persiapan Menjadi Pelukis Pasir
Sebelumnya: Pengertian dan Macam-macam Wisatawan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar