Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Anak SMP


Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua ketika dipelajari di sekolah, akan membutuhkan perhatianĀ  yang lebih. Karena bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu tentunya akan memberikan pengaruh yang besar di dalam proses pembelajaran ini. maka dari itulah, setiap pengajar harus dapat untuk menemukan dan memilih metode pembelajaran yang tepat dan sesuai sehingga mampu untuk memberikan hasil yang maksimal. Salah satunya adalah metode pembelajaran bahasa inggris anak SMP yang harus diperhatikan oleh pengajar siswa SMP ini.

Pembelajaran Bahasa Inggris

Pembelajaran bahasa Inggris sejalan dengan pembelajaran semua bahasa yang ada, memiliki empat komponen utama. Yaitu membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara. Untuk bahasa Inggris sendiri, akan ditambahkan satu komponen yang menjadi hal utama yang juga penting yaitu Grammar. Kelima komponen utama ini haruslah mendapatkan perhatian yang maksimal agar mampu memberikan kontribusi baik di dalam pembelajaran siswa SMP.

Berikut ini adalah penjabaran metode pembalajaran bahasa Inggris untuk anak SMP yang dapat dilakukan oleh pengajar yang ada.

Picture Description

Metode yang satu ini dijalankan dengan pengajar yang memberikan atau menunjukan satu buah gambar kepada siswanya. Kemudian, setiap siswa akan diberikan waktu tertentu untuk kemudian menuliskan apa yang ada di dalam pikiran mereka mengenai gambar yang ada.

Setelah beberapa waktu, setiap anak akan diberikan kesempatan untuk maju ke depan dan kemudian membacakan hasil tulisannya mengenai gambar yang telah ditunjukan oleh pengajar tersebut. untuk menambah fungsi dari metode ini, maka dapat ditambahkan adanya pertanyaan dari siswa yang lain kepada siswa yang telah menyajikan pemikirannya mengenai gambar tersebut.

Dalam menjalankan metode ini, terdapat beberapa penjalanan komponen utama pembelajaran bahasa Inggris. Ketika anak diminta untuk menuliskan ada yang ada di pikirannya mengenai gambar tersebut, maka anak mengoptimalkan kemampuannya untuk menulis.

Dalam menulis ini, tentu saja kemampuan di dalam grammar sangatlah dibutuhkan. Ketika anak berbicara di depan kelas dan menjawab pertanyaan dari teman atau bahkan pengajarnya mengenai gambar yang ada, maka kemampuan dirinya di dalam berbicara akan terasah.

Disinilah akan diperoleh beberapa pembelajaran dengan komponen yang ada dalam satu metode pembelajaran yang digunakan. Sejatinya, masih banyak metode yang dapat dijalankan sebagai metode pembelajaran bahasa inggris anak SMP ini. sebut saja story telling atau menceritakan satu buah kisah, menjawab pertanyaan dari teks yang sudah dibaca, role play dan beberapa metode yang lainnya.

Selanjutnya : Obat Flu untuk Bayi Secara Alami
Sebelumnya: Menu Makan Ringan untuk Sore Hari
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar