Metode Pembelajaran Bahasa Inggris yang Tepat


Metode pembelajaran bahasa Inggris berperan penting untuk menguasai bahasa Inggris. Dengan metode yang tepat, bisa dipastikan siswa tersebut bisa memahami pembelajaran bahasa Inggris. Berbeda halnya, jika metode yang digunakan salah, siswa tidak akan pernah paham dengan pembelajaran bahasa Inggris. Bisa jadi, akan timbul kebosanan pada diri siswa karena tidak paham dengan materi yang diberikan.

Untuk itu, perlu perhatian khusus dalam pemilihan metode belajar bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan, keberhasilan proses belajar sepenuhnya bergantung pada metode pembelajaran. Oleh karena itulah, pendidik atau guru  harus mengetahui beragam metode pembelajaran yang tepat. Adapun beberapa metode pembelajaran yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1.  Grammar Translation Method

Grammar translation method merupakan salah satu metode pembelajaran yang digunakan saat proses belajar bahasa Inggris. Metode ini juga digunakan Indonesia dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di lingkungan pendidikan. Grammar mention method merupakan metode yang menekankan tata bahasa Inggris. Selain tata bahasa, metode ini juga mengajarkan beragam kosakata dalam bahasa Inggris.

2.  Audio Lingual Method

Audio lingual method merupakan metode yang mengajrkan siswa untuk bisa berdialog pendek. Dalam hal ini, siswa bukan hanya dituntut bisa berbincang singkat dengan bahasa Inggris, melainkan juga mengerti akan arti percakapan tersebut.

3.  Silent Way

Silent way merupakan metode yang tujuannya mengajak siswa untuk membaca, mendengar, berbicara, dan menulis. Salah satu pembelajaran menarik pada metode ini adalah siswa belajar untuk memperbaiki kalimat yang salah. Dengan demikian, secara tidak langsung metode ini membuat siswa menambah pengetahuan kosakata dalam Bahasa Inggris.

4.  Total Physical Response

Pada metode total physical response, guru akan membeikan pembelajaran bahasa Inggris dengan praktek langsung. Guru akan memberikan intruksi dalam bahasa Inggris dan para siswa harus melaksanakan perintahnya. Dalam tahap ini, guru bisa melakukan evaluasi sejauh mana para siswa memahami pelajaran yang telah diberikan.

Apabila semua siswa bisa melaksanakan intruksi tersebut dengan baik, guru dinyatakan sukses. Namun sebaliknya, jika dalam kenyatannya banyak siswa yang melakukan kesalahan, guru dinyatakan gagal. Demikianlah beberapa metode pembelajaran bahasa Inggris. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca.

Selanjutnya : Macam Obat Syaraf Kejepit
Sebelumnya: Menyelami Puisi Ibu Zawawi Imron
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar