Metode Penelitian Menurut Para Ahli


Metode penelitian menurut para ahli dibagi menjadi dua bagian yakni metode kualitatif dan kuantitatif. Dari dua metode tersebut, bisa dibedakan lagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan pengertiannya metode dari penelitian ialah cara ilmiah untuk mendapatkan sebuah data melalui tujuan dan kegunaannya.

Jika dikatakan menggunakan cara ilmiah itu artinya memiliki sifat keilmuan yang empiris, rasional dan sistematis. Namun menurut jujun S. Suriasumantri menerangkan bahwa penelitian dasar ialah penelitian yang bertujuan untuk menemukan ilmu baru yang belum pernah diketahui sedangkan penelitian terapan ialah bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah kehidupan praktis.

Dalam metode sebuah penelitian memiliki hubungan yang sangat erat dengan prosedur yang digunakan, alat yang dibutuhkan,teknik dan desain atau metode yang akan digunakan dalam menggali sumber informasi atau data. Sesuai dengan sifat penelitian yakni sistematis dan berurutan dari cara memperoleh datanya.

Penelitian itu sendiri terbagi lagi menjadi beberapa bagian atau macam-macam penelitian yaitu penelitian deskriptif, penelitian kasus atau lapangan, penelitian sejarah, dan masih banyak lagi. Pembagian jenis penelitian tersebut berdasarkan pendapat para ahli. Karena demikian banyak yang berpendapat dari masing-masing individu tentang penelitian.

Cara untuk menyelesaikan masalah dalam penelitian itu ditentukan oleh metode penelitian yang digunakan dan jenis penelitian yang dilakukan oleh individu atau kelompok tertentu. Dalam hal ini penelitian lebih banyak untuk melakukan perbaikan dalam hal fisik dan mental dari suatu masyarakat sehingga lebih baik dan lebih terjamin dalam berbagai bidang.

Termasuk juga dalam bidang pendidikan dan sosial yang semakin banyak masalah yang ditimbulkan oleh masyarakat. Oleh karenanya penelitian dapat ditujukan langsung pada suatu kelompok atau individu tertentu untuk kebaikan bersama.

Dalam setiap penelitian tidak hanya menggunakan satu kelompok tetapi menggunakan dua atau lebih kelompok untuk melakukan perbandingan dalam dalam dan luar mereka.

Dalam pendapat mengenai metode penelitian menurut para ahli di atas. Kita bisa melihat bahwa metode penelitian itu sangat kompleks dan masih bisa terbagi lagi menjadi beberapa jenis karena beragamnya pendapat yang berbeda-beda.Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Metode Kualitatif Dan Kuantitatif
Sebelumnya: Bagaimana Menyusun Makalah Ekspor Impor?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar