Metode yang Digunakan untuk Menjaga Kesuburan Tanah


Apa saja metode yang digunakan untuk menjaga kesuburan tanah? Tanah merupakan hal yang penting bagi makhluk hidup. Sebab tanah adalah tempat sumber makanan bagi tumbuhan. Baik hewan maupun manusia memakan tumbuhan.

Walau ada hewan yang hanya makan hewan, namun hewan yang dimangsa memakan tumbuhan, ingat piramida makanan. Sehingga kesuburan tanah cukup penting bagi kehidupan semua makhluk hidup, terutama tumbuhan.

Pada tumbuhan terdapat unsur hara yang merupakan unsur kimia yang dibutuhkan tumbuhan. Unsur hara tersebut terdiri dari fosfor, kalium, kalsium dan nitrogen. Kandungan tanah yang subur adalah jika memiliki komposisi air, unsur hara dan bahan-bahan pemantap tanah yang pas bagi kehidupan tumbuhan.

Metode Kesuburan Tanah

Berikut ini adalah beberapa metode yang digunakan untuk menjaga kesuburan tanah.

• Penggunaan komposisi pupuk yang pas. Fungsi pupuk adalah sebagai penambah unsur hara tanah, tetapi komposisi yang berlebihan akan mengakibatkan pencemaran zat kimia baik pada tanah maupun air.

Demi mengurangi pencemaran zat kimia, sebagai alternatif dapat menggunakan pupuk organik. Contoh pupuk organik adalah pupuk kandang dan pupuk kompos.

• Erosi pada tanah miring dapat dicegah dengan pembuatan terasering atau sengkedan. Pada tanah yang tidak subur, maka kesuburannya dapat ditingkatkan dengan penambahan unsur nitrogen. Penambahan unsur tersebut dapat dilakukan dengan menanam tumbuhan jenis kacang-kacangan.

• Menanami tanah dengan tanaman agar terlindung dari kerusakan tanah yang disebabkan oleh banjir, longsor dan sinar matahari. Penghijauan pada lahan liar juga dapat mencegah tanah menjadi gersang.

• Tidak membuang sampah sembarangan. Sampah adalah salah satu penyebab pencemaran tanah. Selain tanah, sampah juga mencemari udara dan air. Sebaiknya sampah juga didaurulang agar mengurangi potensi pencemaran

• Aturan yang ketat bagi pembuangan limbah industri. Sebab kandungan logam berat dan zat-zat yang masuk dalam kategori bahan berbahaya dan beracun (B3) dapat merusak tanah.

• Pengawetan tanah dengan metode mekanik dan metode vegetatif. Pengolahan metode mekanik dilakukan dengan cara pengolahan lahan sejajar garis kontur, penterasan lahan miring, pembuatan pematang dan saluran air yang sejajar dengan garis kontur, dan pembuatan cekdam. S

edangkan metode vegetatif dilakkan dengan penanaman tanaman secara berjalur tegak lurus terhadap arah aliran. Selain itu, juga penanaman tanaman secara berjalur sejajar garis kontur, penutupan lahan yang memiliki lereng curam dengan tanaman keras dan penanaman tanaman secara permanen.

Demikianlah beberapa metode yang digunakan untuk menjaga kesuburan tanah.

Selanjutnya : Berapa Pemesanan Tiket Minimal Group Pesawat Garuda?
Sebelumnya: Pengertian Teropong Panggung Sebagai Alat Optik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar