Apa Hubungan Minyak Ikan dan Diabet?


Minyak ikan dan diabet memang saling berhubungan. Penderita diabetes yang ingin menurunkan kadar gula darahnya sebenarnya bisa mengonsumsi minyak ikan. Minyak ikan mengandung omega 3 yang dapat membantu menurunkan kadar gula pada penderita diabetes. Omega 3 mula-mula akan meningkatkan hormon adiponektin. Hormon ini berperan penting dalam mengatur metabolisme tubuh salah satunya juga masalah kadar gula darah. Para peneliti telah melakukan penelitian mengenai hal ini. Mereka memang tidak bisa menyimpulkan tentang pengaruh minyak ikan dengan penyakit diabetes tipe 2. Mereka baru bisa menemukan bahwa minyak ikan mampu meningkatkan hormon adiponektin.

Minyak Ikan dan Hubungannya dengan Diabet

Minyak ikan sendiri berasal dari ikan. Ikan yang paling terkenal diambil minyaknya adalah ikan Cod. Minyak diambil dari hati ikan Cod sehingga disebut Cod Liver Oil. Jenis minyak ikan ini sudah lama dipakai oleh bangsa Eropa seperti Inggris dan Islandia. Pada awalnya minyak tersebut diberikan pada hewan ternak mereka. Hewan ternak ternyata menjadi lebih sehat setelah mengonsumsi minyak ikan Cod. Menyadari hal tersebut akhirnya minyak ikan mulai dikonsumsi oleh manusia. Selain diminum mereka menggunakan minyak ikan sebagai obat gosok. Kulit di daerah yang nyeri akan berkurang nyerinya jika digosok dengan minyak ikan tersebut.

Selain berhubungan dengan peningkatan hormon untuk mengatur kadar gula, minyak ikan juga baik bagi penderita sakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Konsumsi minyak ikan tidak boleh berlebihan juga karena dapat menimbulkan efek samping. Efek sampingnya dapat berupa mual, diare, sampai dengan pendarahan atau memar. Selain orang dewasa, minyak ikan juga bagus untuk anak kecil dalam masa pertumbuhan. Minyak ikan mengandung omega 3 dan DHA yang sangat baik bagi perkembangan otak anak.

Minyak ikan saat ini dapat dengan mudah kita temui dalam bentuk kapsul lunak. Beberapa perusahaan mengemas minyak ikan tersebut dengan baik sehingga dapat dijual mahal. Ada pula minyak ikan yang berharga murah dengan merek tertentu yang kurang terkenal. Meskipun belum ada penelitian yang menyebutkan minyak ikan dapat menyembuhkan penyakit diabet namun kandungan minyak ikan yang baik bisa menjadi alternatif suplemen yang bisa dikonsumsi. Minyak ikan dan diabet perlu dilakukan penelitian lebih mendalam agar mendapat kesimpulan mengenai masalah penyembuhan diabetes melalui minyak ikan.

Selanjutnya : Event Djarum Black Inovation
Sebelumnya: Sering Mengalami Sakit Perut
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar