Manfaat Minyak Kelapa Kering

Apa itu minyak kelapa kering? Apakah minyak kelapa yang dikeringkan? Tentu saja bukan minyak kelapa yang dikeringkan, tetapi minyak kelapa yang diproses dengan cara atau teknik pembuatan minyak kelapa yang kering.

Jadi, minyak kelapa ini sama saja dengan minyak kelapa yang sering kita temui. Minyak kelapa ini merupakan minyak didapat dari buah kelapa setelah mengalami proses sampai akhirnya mengeluarkan minyak.

Minyak kelapa umumnya digunakan oleh ibu-ibu untuk memasak di dapur sebagai penggoreng. Minyak kelapa ini lebih baik dibandingkan dengan minyak sayur, karena tidak mengandung lemak jenuh.

Menggunakan minyak kelapa untuk semua jenis masakan bisa menyehatkan karena tidak ada kandungan lemak jenuh tadi. Proses pembuatannya yang cukup mudah pun menjadikan minyak kelapa ini cukup digemari. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah, selama ada persediaan buah kelapa tentunya.

Teknik Minyak Kelapa Kering

Minyak kelapa ini sekali lagi bukanlah minyak yang dikeringkan, tetapi minyak kelapa yang proses pembuatannya dengan cara kering bukan basah. Lalu bagaimana teknik membuat minyak kelapa yang kering? Bisa kita lihat dalam beberapa langkah berikut ini.

•    Daging buah kelapa yang sudah dipisahkan dari cangkangnya dibuat menjadi kopra terlebih dahulu.

•    Setelah jadi kopra, selanjutnya kopra ini dicacah sampai halus.

•    Kopra yang sudah menjadi serbuk ini kemudian dipanaskan lalu dipres sampai mengeluarkan minyak.
•    Setelah dipres ampas kelapa yang tersisa masih bisa dijadikan minyak dengan digiling sampai halus, lalu dipanaskan lagi dan dipres sampai keluar lagi minyaknya.

•    Minyak yang sudah terkumpul tadi kemudian diendapkan lalu disaring.

•    Setelah disaring minyak kelapa ini ditambah beberapa senyawa, yaitu senyawa alkali dan bahan penyerap berupa absorben berwarna.

Semua proses tersebut dinamakan dengan teknik pembuatan minyak kelapa yang kering, bukan minyak yang dikeringkan. Melihat cara pembuatannya yang terbilang mudah ini bisa diterapkan di rumah.

Manfaat Minyak Kelapa

Baik itu minyak kelapa yang dibuat dengan teknik basah ataupun minyak kelapa kering, keduanya memiliki manfaat yang sama. Apa saja manfaat yang bisa diambil dari minyak kelapa yang dibuat dengan teknik kering atau basah? Bisa kita lihat sebagai berikut.•    Minyak kelapa bisa mengobati kulit yang kering atau teriritasi.

•    Selain bisa melembabkan kulit, minyak kelapa ini juga bisa melembabkan kulit kepala dan menghaluskan rambut yang pecah-pecah.

•    Minyak kelapa bisa digunakan sebagai deodoran, karena memiliki kemampuan sebagai antijamur.

•    Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk menyehatkan kuku.

•    Anda berjerawat? Minyak kelapa bisa digunakan untuk mengempeskannya supaya tidak meradang.

Demikianlah ulasan singkat mengenai manfaat minyak kelapa kering dan bagaimana cara pembuatannya. Apakah Anda tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? Jika iya ikuti saja cara di atas, dan rasakan manfaatnya. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Mobil Bekas Tambang Batu Bara
Sebelumnya: Macam-macam Sepeda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini