Mengungkap Misteri Kedalaman Laut Atlantik


Misteri kedalaman Laut Atlantik merupakan salah satu misteri tentang lautan di dunia. Samudera Atlantik merupakan salah satu samudera di antara lima samudera di bumi. Nama Atlantik sendiri berasal dari kisah mitologi Yunani yang berarti laut Atlas. Atlantik juga sering dihubungkan dengan negeri Atlantis yang menjadi misteri sampai saat ini.

Atlantik berbentuk huruf ā€˜Sā€™ dan saling berhubungan dengan samudera lainnya seperti samudera Pasifik dan Arktik. Terdapat juga terusan yang dibuat oleh manusia yang menghubungkan samudera Atlantik dan samudera Pasifik yaitu Terusan Panama.

Kedalaman laut Atlantik sebenarnya sudah diukur oleh para peneliti. Kedalaman tersebut dilihat dengan membandingkan dengan lautan di sekitarnya dan juga kedalaman tanpa membandingkan dengan lautan sekitar. Berdasarkan informasi di Wikipedia, kedalaman samudera ini bisa mencapai 8.605 meter yang merupakan kedalaman tertingginya. Bagian Samudera Atlantik yang paling dalam terletak di Puerto Riko. Sedangkan kedalaman rata-ratanya adalah sekitar 3.332 meter.

Mengenai hewan-hewan yang hidup di Samudera ini sangat beragam. Setiap hewan laut memiliki tempat dan kedalamannya sendiri dalam hidup di laut. Banyak juga hewan laut aneh yang tinggal di Samudera Atlantik. Memang semakin dalam suatu perairan maka akan menyediakan tempat hidup bagi makhluk hidup laut yang sangat beragam.

Beberapa hewan aneh yang tinggal di sana antara lain Pretty Wird in Pink, Star of The Show, Ridge Runner, Visible Cucumber, dan Glowworm of The Deep. Manusia dengan segala keterbatasannya memerlukan teknologi yang canggih dalam menjelajah alam bawah laut sehingga mungkin saja masih banyak hewan laut yang belum kita beri nama.

Di Samudera Atlantik terjadi gejala alam seperti badai tropis. Samudera ini juga memiliki garis pantai yang ireguler. Garis pantainya dibatasi oleh teluk dan juga lautan seperti Laut Karibia dan Laut Hitam. Di daerah Samudera Atlantik juga banyak terdapat pulau-pulau seperti Islandia, Kepulauan Sandwich Selatan, Tanjung Verde dan lain-lain.

Begitu banyak informasi yang bisa kita gali melalui samudera ini. Jika ada hal-hal yang masih menjadi misteri adalah wajar. Hal tersebut menunjukkan bahwa manusia memiliki batasan akal pikiran. Misteri kedalaman Laut Atlantik sebenarnya tidak akan menjadi misteri jika kita mau belajar dan membaca buku-buku Geografi tentang Laut Atlantik.

Selanjutnya : Sumber Bahan Makanan Vitamin K Dan Fungsinya Untuk Tubuh
Sebelumnya: Cara Download Youtube
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar