Misteri Sebab-sebab Tenggelamnya Titanic

Sebab-sebab tenggelamnya Titanic merupakan misteri bagi semua orang. Kapal itu tenggelam ketika melakukan pelayaran pertama pada tahun 1912. Kapal yang dianggap termewah di dunia diprediksi tahan terhadap bencana apa pun dan akan menjadi kapal terkuat yang pernah dibuat. Namun, kenyataannya Titanic justru tenggelam dalam perjalannya menuju New York. Dari total sekitar dua ribu lebih penumpang hanya sekitar tujuh ratus penumpang yang selamat. Tenggelamnya Titanic merupakan kecelakaan laut terbesar dalam sejarah pelayaran.

Titanic merupakan kapal yang dibuat oleh perusahaan kapal terkemuka pada masa itu di abad ke-20, yaitu White Star Line. Dalam hal ukuran dan fasilitas, kapal-kapal milik White Star Line memang memiliki kemewahan luar biasa daripada yang lain. Tepat pada tanggal 14 April 1912, Titanic melakukan perlayaran pertama dari London menuju New York. Bencana bermula saat Titanic mengambil rute jalan yang tidak umum dilalui kapal-kapal lain.

Sebenarnya, selama perjalanan, banyak kapal-kapal lain yang sudah memberikan peringatan tentang keberadaan gunung es yang berada di jalur perjalanan Titanic. Namun, Kapten Smith sebagai pemimpin pelayaran justru memerintahkan untuk mempercepat laju kapal di tengah lautan es sehingga membuat kapal termegah tersebut menabrak gunung es yang volumenya kecil dibandingkan gunung es lain yang bertebaran di sekitar sana. Anehnya, Kapten Smith enggan meminta bantuan kapal lain yang tengah berlayar di dekatnya. Kapten Smith seperti kehilangan kendali dan kesadarannya. Entah apa yang membuatnya demikian.

Badan kapal yang tergores tidak menimbulkan lubang besar, namun hanya goresan tipis sepanjang haluan sehingga air menggenangi sebagian besar haluan. Oleh karena hal ini air laut secara sedikit demi sedikit menggenangi bagian dalam kapal sampai menyebabkan Titanic tenggelam. Tapi penyebab di luar itu menurut rumor yang beredar, sebab-sebab tenggelamnya Titanic yang lain adalah muatan tidak biasa yang dibawa di kapal itu.

Dikabarkan Titanic membawa mumi seorang tukang ramal milik seorang kolektor Inggris. Karena keramat, mumi itu disimpan di belakang ruang Kapten Smith. Disinyalir mumi tersebut yang menghilangkan kesadaran Sang Kapten sekaligus merusak alat pelayaran kapal karena diduga mengandung pelindung radioaktif. Bagaimanapun kebenarannya ada hikmah yang dapat diambil adalah sebagai manusia kita tidak boleh sombong dengan mengklaim bahwa karya kita yang paling sempurna karena kesempurnaan hanya milik Allah semata. Itulah sedikit mengenai sebab-sebab tenggelamnya titanic.

Loading...
Selanjutnya : Artikel tentang Makanan Haram – Akibat Memakan Makanan Haram
Sebelumnya: Belajar Menggambar Pemandangan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar