Mitos Gerbong Maut di Bondowoso Jawa Timur


Mitos di Bondowoso Jawa Timur sebenarnya tidak terlalu terkenal. Tak banyak yang tahu tentang adanya mitos di kota tersebut. Munculnya penampakan makhluk halus bisa saja terjadi di mana-mana, tidak hanya di Bondowoso.

Tempat yang mungkin dianggap seram di Bondowoso adalah Gerbong Maut. Gerbong ini dahulu dipakai membawa tahanan perang ke kota Surabaya. Gerbong tersebut digunakan oleh Belanda yang melakukan penangkapan terhadap warga Indonesia pada sekitar tahun 1947. Tawanan yang terlalu banyak membuat penjara tidak dapat memuatnya sehingga para tahanan tersebut dibawa ke Surabaya. Tahanan yang dibawa ke Surabaya menggunakan kereta api.

Keadaan yang menyedihkan terjadi saat tahanan dibawa ke Surabaya. Tahap pertama dan kedua masih bisa diatasi. Namun pada pemberangkatan tahap ketiga, gerbong tertutup semua tanpa ventilasi. Tentu saja hal tersebut sangat menyiksa para tahanan yang berada di dalamnya. Selain berdesakan, tak adanya air dan udara segar dari luar membuat mereka mengalami kesulitan dalam melakukan perjalanan ke Surabaya. Perjalanannya sendiri memakan waktu yang sangat panjang yaitu 16 jam.

Perjalanan yang panjang dan berat tersebut harus mereka lalui. Udara panas di dalam gerbong membuat para tahanan tidak kuat dan membentur-benturkan badan mereka. Konon saking hausnya bahkan ada yang meminum air kencing tahanan lainnya. Para tentara Belanda seperti tidak peduli apa yang terjadi di dalam gerbong tersebut. Tentu saja sampai di Surabaya ternyata banyak tahanan yang meninggal dan lainnya sakit. Kenyataan tersebut sangat memprihatinkan dan menunjukkan kekejaman dari penjajahan di jaman dulu kala.

Banyaknya orang yang meninggal di gerbong tersebut diingat oleh warga sekitar. Mitos-mitos yang berkembang tentu tak jauh dari korban-korban yang meninggal tersebut. Beberapa mahasiswa sempat membuat film dokumenter mengenai gerbong maut ini. Warga sekitar menyarankan agar pengambilan gambar tidak lebih dari pukul 18.00. Tak jelas apa yang menyebabkan larangan tersebut.

Kejadian penganiayaan dan pembunuhan memang selalu menyisakan mitos-mitos yang berkembang di masyarakat. Seperti halnya yang terjadi di gerbong maut yang terdapat di Bondowoso. Mitos di Bondowoso Jawa Timur berupa Gerbong Maut ini merupakan bagian dari sejarah juga.

Selanjutnya : Cara Mengecek Transaksi Banking BRI via Ponsel
Sebelumnya: Karakteristik Sapi Perah FH
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar