Mobil Bekas Tambang Batu Bara

Mobil bekas tambang batu bara biasanya banyak ditemukan di pasaran mobil bekas setelah ada pelelangan umum khusus mobil tambang. Setiap lima tahun sekali, mobil tambang harus diganti. Tingkat keamanan mobil yang dianggap terlalu tua, sangat memprihatikan. Daerah pertambangan merupakan wilayah penuh risiko. Untuk itu, kendaraan yang digunakan harus dalam kondisi prima.

Mobil Sewaan

Mobil bekas tambang batu bara biasanya merupakan mobil-mobil yang pernah disewa oleh perusahaan pertambangan batu bara. Karena mobil ini merupakan mobil sewaan, artinya pihak penyewa yang melakukan perawatan dan pemeliharaan terhadap mobil tersebut. Pembeli terkadang tidak tahu sudah berapa lama mobil tersebut disewakan dan kepada siapa saja mobil-mobil itu disewakan.

Kalau memang berminat membeli mobil bekas tambang, pengetahuan tentang mobil harus sangat banyak. Mobil tambang ini dipakai oleh banyak orang. Semakin banyak tangan, biasanya semakin tidak karuan mobil tersebut. Tidak ada yang mau bertanggung jawab untuk membersihkannya. Padahal perawatan dan pemeliharaan yang dilakukan oleh perusahaan yang menyewakan mobil-mobil tersebut tidak berlangsung setiap hari.

Jika harga yang ditawarkan masih separuh dari harga barunya, sebaiknya berpikir lagi untuk membelinya. Akan banyak uang yang keluar untuk biaya perbaikan. Sebuah mobil itu tidak hanya dipikirkan kelayakan jalannya. Tetapi juga estetika dan kenyamanannya. Untuk itu harga ideal mungkin kurang lebih 30%-40% dari harga terbaru. Kalau akan dijual kembali, harga ini cukup masuk akal dan bisa mendatangkan keuntungan lumayan.

Sebaiknya mobil bekas tambang tidak digunakan di wilayah tambang lagi. Kecuali kalau memang sudah dilakukan pengecekan dan perbaikan sehingga memenuhi persyaratan sebagai mobil daerah tambang. Jika mogok atau terjadi kerusakan pada saat dioperasikan, bisa sangat membahayakan. Daerah tambang itu sangat berbahaya. Nyawa bisa melayang setiap saat.

Jenis Mobil Tambang

Jenis kendaraan yang biasa dipakai ditambang itu misalnya, d-cab atau double cabin, SUV ukuran besar dan sedang, truk, dan bus untuk mengangkut karyawan ke daerah tambang. Produsen d-cab sendiri cukup banyak. Mitshubishi, Toyota, Ford, Nissan, sepertinya bersaing sangat ketat memasok mobil d-cab ke perusahaan persewaan kendaraan tambang.

Untuk jenis truk, sepertinya pihak Mitshubishi bisa dikatakan cukup mendominasi. Kalau jenis SUV ukuran besar, biasanya yang banyak terlihat ditambang adalah Pajero, Everest, dan Fortuner. SUV ukuran sedang, biasanya menggunakan Innova dan Panther. Warna kendaraan yang paling mendominasi adalah warna putih dan silver. Warna ini dipilih dengan alasan keamanan. Kedua warna tersebut dianggap paling terang sehingga bisa terlihat dengan jelas. Sedangkan warna lain, dianggap kurang tepat di daerah tambang.
Sekali lagi, jika berminat membeli mobil bekas tambang batu bara, pasang antena waspada. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Penggunaan Pupuk Urea
Sebelumnya: Manfaat Minyak Kelapa Kering
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...